Terus Tuai Prestasi, SMP Yapis Bogor Eksis Jadi Jawara Pramuka

SMP Yapis
Kepala SMP Yapis Bogor, Dian Hestiningsih bersama siswa berprestasi dan sejumlah piala penghargaan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Kota Bogor perlu bangga dengan pencapaian yang telah ditorehkan SMP Yapis (Yayasan Pendidikan Islam). Sekolah ini terus menuai prestasi dan menjadi jawara ajang perlombaan bidang Pramuka.

Baca Juga : Kunci Kualitas Pelayanan RSUD Kota Bogor, Fasilitas Lengkap dan Canggih  

Nama SMP Yapis Bogor di bidang Pramuka sudah amat dikenal bukan hanya di Kota Bogor melainkan juga di tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar)

SMP Yapis pernah meraih juara Panca Laga Jumpa Penggalang XII, lomba kreasi tongkat olah tangan, dan goyang semaphore se-Jabar, DKI Jakarta, dan Banten di kelompok putera dan puteri pada tahun 2019.

Di tahun yang sama sekolah ini juga pernah menjuarai lomba Brain Smart, lomba Cepat Tepat, dan lomba kolone tingkat penggalang SMP se-Pulau Jawa plus.

Tak berhenti di situ, belasan trofi mentereng lainnya berjejer di ruangan koleksi piala menjadi bukti eksisnya SMP Yapis dalam kejuaraan Pramuka.

Terbaru sekolah ini juga memenangkan piala bergilir The Explorer Fest SMK AK Nusa Bangsa, setelah berhasil menjadi juara di 20 perlombaan yang diselenggarakan, serta menjadi juara 1 lomba hasta karya membuat miniatur masjid pada tahun 2022.

Kepala SMP Yapis Bogor, Dian Hestiningsih mengatakan kegiatan Pramuka memang menjadi aspek yang sangat menonjol di sekolahnya. Ia menilai kreatifitas, fokus, dan konsistensi para siswa diiringi dukungan penuh sekolah menjadi kunci keberhasilannya.

“Pembelajaran Pramuka yang kami terapkan di pelajaran lain juga membuat siswa-siswi di sini lebih disiplin, pintar, tangguh, dan berkarakter baik. Selaras dengan jargon SMP Yapis TAQWA yaitu tangguh, berakal sehat, dan berwawasan luas,” tutur Dian.

Ia menyebut meski sekolah umum, SMP Yapis memiliki nilai tambah pada sisi keagamaan Islam dalam pembelajaran yang dilakukan. Siswa-siswi diajarkan Baca Tulis Quran (BTQ), dibiasakan ibadah wajib dan sunnah, hingga menghafal Al-Quran.

“Melalui pendidikan tersebut siswa SMP Yapis tidak hanya unggul dalam bidang akademik dan juga bidang agama. Ada beberapa lulusan yang sudah menghafal Al-Quran. Bahkan lulusan tahun ini ada yang sampai 12 juz,” imbuh Dian.

Sekolah ini juga memiliki program spesial yang dilaksanakan setiap hari Jumat secara bergantian setiap pekannya. Di antaranya program makan bersama bertajuk “Makan Sehat Buatan Mama”, program literasi, serta senam sehat.

Dian menuturkan, dirinya juga menginisiasi sebuah program baru yang ditujukan sebagai solusi permasalahan yang dialami siswa dampak dari pandemi.

“Dampak dari belajar secara daring selama pandemi membuat siswa merasa kesulitan dalam belajar dan bersosialisasi. Untuk mengatasi hal itu kami membuat program drama dan ujian karya tulis ilmiah untuk siswa kelas 9 yang kemudian mereka presentasikan di depan guru dan teman-temannya,” jelas Dian.

Ternyata programnya tersebut berhasil membuat para siswanya berani untuk tampil berbicara di depan khalayak umum serta memunculkan bakat-bakat terpendamnya.

Siswa-siswi SMP Yapis juga selalu aktif dan diberikan dukungan penuh mengikuti olimpiade sains serta perlombaan di bidang seni dan olahraga.

Berbagai pengembangan terus dilakukan pihak sekolah sehingga dapat memberi fasilitas dan ruang bagi siswa. Salah satunya dengan membentuk penanggung jawab di bidang kerohanian, seni, dan prestasi.

“Lulusan SMP Yapis bahkan sudah berprestasi di tingkat internasional. Ada lulusan kami yang berprestasi pada lomba skateboard di tingkat Asia,” tutur Dian.

Sama halnya dengan SMP Yapis tiga unit pendidikan lain yang berada di bawah naungan Yapis 1962 yakni Madrasah Diniah, SD, dan SMK juga turut menerapkan pembelajaran Islam.

Baca Juga : Indomaret Siap Kurasi Produk-Produk UMKM Kota Bogor

“Di SD ada muatan lokal yang lebih banyak dari sekolah lain. Kami punya keunggulan ada pelajaran BTQ, Al-Quran Hadist, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, hingga Tajwid dan Tahfidz,” papar Dian.

Yapis 1962 juga turut berpartisipasi pada kesejahteraan masyarakat kurang mampu yang ada di sekitar lingkungannya setiap tahun. Terakhir, Yapis berikan santunan sebesar Rp. 21 juta kepada 70 anak SD di sekitar Kecamatan Tanah Sareal. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya