logo radar

Tersisa Delapan Calon Pimpinan Baznas Kota Bogor, Saat ini Memasiki Tahapan Uji Kompetensi

BOGOR-RADAR BOGOR, Proses seleksi calon pimpinan Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor periode 2022-2027 memasuki baru.

Teranyar, dari 10 pendaftar yang mencalonkan diri menjadi pimpinan Baznas Kota Bogor, tinggal tersisa tinggal delapan orang.

Hal itu pun dibenarkan Pimpinan Baznas RI Bidang Koordinasi Zakat Nasional, Achmad Sudrajat.

Baca juga: Kelebihan Bayar Pembangunan Satu Atap, Kadisdik Kota Bogor Sebut Begini

“Tinggal delapan orang. Satu (peserta) meninggal dan satu lagi mengundurkan diri. Yang mengundurkan diri karena sakit, jadi otomatis tinggal delapan,” kata Achmad Sudrajat usai melakukan pertemuan dengan Wali Kota Bogor, Bima Arya di Balai Kota pada Kamis (28/7).

Saat ini tahapan proses seleksi calon pimpinan Baznas Kota Bogor sendiri, Baznas RI akan melakukan uji kompetensi verifikasi faktual terhadap ke delapan calon.

Setelah itu, Baznas RI akan mengeluarkan rekomendasi dan diserahkan ke Wali Kota Bogor untuk langsung dilakukan pelantikan.

“Kita baru mau uji siang ini. Nanti dari delapan itu kami pilih berdasarkan kompetensi, tentu dengan SOP yang sudah ditetapkan oleh aturan-aturan di kita dan pemerintah,” ucap dia.

Baca juga: Terus Dorong Kemakmuran Masjid, Polresta Bogor Kota Kembali Resmikan Marbot Mart

“Kita akan lihat nilai kompetensinya. Paling sedikit itu (dikerucutkan jadi) 3, atau bisa 5 orang,” sambung Achmad Sudrajat.

Namun begitu, jika dari hasil uji kompetensi dianggap tidak ada yang memenuhi kriteria penilaian. Pihaknua akan meminta cek ulang untuk uji kompetensi terbuka calon Baznas Kota Bogor.

Disinggung berapa lama target rekomendasi pimpinan Baznas Kota Bogor selesai, Achmad Sudrajat mengaku belum bisa memastikannya. Sebab, hal itu tergantung dari hasil verifikasi yang dilakukan pihaknya pada Kamis (28/7).

“Tergantung dari hasil verifikasi kita hari ini, kita (juga harus) bawa ke Pusat dulu tentunya dengan lintas bagian untuk melengkapi hal-hal yang perlu kita lengkapi,” imbuh dia.

“Paling cepat kita setiap Rabu pleno, tapi kadang-kadang ada dua minggu sampai sebulan, karena harus ada penguatan data-data itu,” ujarnya.

Baca juga: INSTO Luncurkan INSTO Cool, Cool-nya Bikin Seger!

Sebelumnya, sebanyak 10 calon pimpinan Badan Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor periode 2022-2027 menjalani tes tulis akademis di aula gedung PPIB pada Kamis (17/3).

Mereka bisa mengikuti proses tes tulis administrasi setelah jumlah pendaftar calon pimpinan Baznas Kota Bogor dinyatakan memenuhi kuota pada hari terakhir penutupan pendaftaran Sabtu (12/3) lalu.

“Karena jumlah pendaftar sudah memenuhi kuota, akhirnya proses seleksi ini dilanjutkan dengan tes tulis kepada para calon kandidat,” kata Ketua Pansel, KH Ade Sarmili.

“Setelah tes tulis ini, para calon kandidat akan menjalani proses wawancara dan uji makalah. Kemudian, panitia akan mengirimkan nama-nama beserta hasil tes mereka ke Baznas Pusat,” ujarnya.

Adapun, ke-10 calon pimpinan Baznas Kota Bogor yang sudah masuk dan mengikuti tahap proses tes tulis akademis ini. Diantaranya, ada Rusli Saimun, Khotimi, Husen As Soleh, Wahyul Mimbar, Romdoni, Subhan Murtadla, Iman, Moh. Nurdat Ilhamsyah, M. Syarifuddin serta Ahmad Alfan. (ded)

Editor: Rany

Berita Lainnya