25 radar bogor

Soal Hasil Autopsi Jenazah Brigadir J, Kapolri Janji Akan Dibocorkan ke Publik

Kapolri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

JAKARTA-RADAR BOGOR,  Autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J di RSUD Sungai Bahar, Jambi, rampung dilakukan Rabu (27/7/2022).

Baca Juga : Autopsi Ulang Brigadir J, Gali Petunjuk Dugaan Pembunuhan Berencana

Namun, hasil autopsi masih belum bisa diumumkan apakah sama atau terdapat perbedaan serta pengungkapan fakta baru.

Meski begitu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan hasil autopsi ulang Brigadir Brigadir J di Jambi akan dibocorkan ke publik.

Tapi ia tidak menjelaskan secara detail kapan hasil autopsi ulang Brigadir J keluar, dan kapan pihak kepolisian akan mengumumkannya ke masyarakat.

“Rekan-rekan melihat ada kegiatan-kegiatan tim khusus yang dipresenstasikan dari apa yang didapat Komnas HAM, demikian juga hari ini telah dilaksanakan autopsi ulang,” ungkap Kapolri di Gedung Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2022).

“Dan tentunya juga pada saatnya akan disampaikan ke publik,” sambung mantan Kabareskrim Polri itu

Sigit kembali menegaskan, ekshumasi atau autopsi ulang Brigadir J dilaksanakan oleh sejumlah dokter forensik independen. Selain itu, proses ini juga diawasi pihak keluarga, pengacara, Kompolnas hingga Komnas HAM.

“Semuanya rekan-rekan sudah mengikuti, saat ini tim khusus dari internal Polri dan juga ada Kompolnas, ada Komnas HAM, saat ini semuanya sedang bekerja,” tuturnya.

Jenderal bintang empat sampai meminta tolong ke public agar amati dan kawal kerja polisi.

Khususnya, kerja Timsus Internal Polri dalam mengungkap kebenaran kasus kematian Brigadir J.  “Kami minta semuanya ikut mengawasi,” ujar Kapori.

Sehingga, kata Jenderal Listyo Sigit, transparansi dan akuntabilitas dari hasil pemeriksaan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik.

Ia sangat berharap semua berjalan lancar, baik, dan memenuhi rasa keadilan yang ditunggu publik. “Saya minta dukungan seluruh lapisan masyarakat,” imbuhnya.

Harapan juga disandarkan ke Tim Eksternal Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Ditambahkannya, pemeriksaan para ajudan Irjen Ferdy Sambo, termasuk Bharada Richard Eliezer (Bharada E) menjadi penting untuk mengungkap kasus tersebut.

“Sejalan dengan autopsi ulang yang dilakukan, sampaikan kepada publik. Kita tunggu hasilnya,” jelas Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga : Autopsi Belum Rampung, Keluarga Brigadir J Minta Alat Vital Almarhum Juga Diperiksa

Seperti diketahui, Timsus bekerja bersama Kedokteran Forensik, Pusat Laboratorium Forensik Polri.  Mereka diperkuat Perhimpunan Kedokteran Forensik melaksanakan autopsi ulang jenazah Brigadir Joshua di Jambi.

Proses autopsi ulang jenazah Brigadir J diawali dengan ekshumasi atau penggalian makam, kemudian jenazah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, Muaro Jambi. (net/dis)

Editor : Yosep