logo radar

Pawai Obor 1 Muharram Batal, Diganti Dzikir Akbar di Balai Ageung Batutulis

1 Muharram
Konfrensi pers Paguyuban Kandaga Urang Sunda yang akan mengadakan malam syukuran Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1441 Hijirah, bekerjasama dengan Mahad Nurul Fata Al Habib Hasan Al Attas.

BOGOR-RADAR BOGOR, Memperingati 1 Muharram 1444 Hijriah yang jatuh pada 30 Juli 2022, Paguyuban Kandaga Urang Sunda bakal mengadakan malam syukuran melalui zikir akbar serta pentas seni budaya, di Balai Ageung Batutulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Baca Juga : Live Polling Balon Gubernur DKI Jakarta Malam Ini, Ada Tri Rismaharini Sampai Bima Arya

Awalnya, Kandaga Urang Sunda sudah merencanakan kegiatan pawai obor. Namun mesti batal terlaksana karena berbagai hal.

Ketua Kandaga Urang Sunda Shahlan Rasyidi, pihaknya akan mengadakan malam syukuran Tahun Baru Islam 1441 Hijirah, bekerjasama dengan Mahad Nurul Fata Al Habib Hasan Al Attas.

Bertajuk ‘Dzikir Akbar Bumi Siliwangi 2022’, pihaknya akan memadukan pentas seni budaya dengan zikir akbar. Menurutnya, acara ini akan menjadi kegiatan kedua setelah halal bihalal yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Bidang keagamaan punya gagasan saat itu, yakni pawai obor menyambut 1 Muharram dengan pentas seni Bumi Siliwangi. Untuk membumikan kembali Pajajaran, sekaligus ada kegiatan keagamaan. Pawai obor dari Empang ke Balai Ageung. Tapi karena satu dan lain hal, seperti kawasan ring 1 (Istana Bogor) lalu juga ada isu kekhawatiran ditunggangi organisasi yang dilarang pemerintah, kita mengalah dan lebih baik mengadakan zikir akbar dan pentas seni budaya saja tanpa pawai obor,” jelas Shahlan.

Pihaknya pun sempat bertemu dengan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim terkait hal ini. Saat itu, gayung bersambut lantaran ada lampu hijau untuk menggelar pawai obor. Sayangnya, hal itu urung dilakukan.

“Kita agak kecewa, tapi nggak apa-apa lah. Kita ganti dengan Dzikir Akbar Bumi Siliwangi 2022, tetap kolaborasi unsur keagamaan dengan pentas seni budaya, yang sudah lama tidak kita saksikan,” jelas pria yang juga Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Dzikir Akbar Bumi Siliwangi Muhammad Aliyudin didampingi Sekjen Kandaga Urang Sunda Gugum Gumelar menjelaskan, pihaknya sudah memberikan informasi kepada masyarakat Kota Bogor, khususnya di wilayah Bogor Selatan bahwa Kandaga Urang Sunda akan membatalkan pawai obor dan menggantinya dengan zikir akbar dan pentas seni budaya di Balai Ageung Batutulis.

Apalagi, informasi gelaran pawai obor juga sudah menyebar sehingga pihaknya perlu menyampaikan ke masyarakat bahwa pawai obor diganti dengan zikir akbar dan pentas seni budaya.

Sebelum puncak pada 30 Juli 2022, pihaknya akan mengadakan zikir di Mahad Nurul Fata, Bogor Selatan bersama Habib Hasan Al Attas.

“Baru pada 30 Juli-nya, akan kita laksanakan zikir akbar dan pentas seni budaya di Balai Ageung Batutulis. Kita akan mulai pada Sabtu (30/7/2022) pagi sekitar pukul 09:00 WIB, dengan pentas seni budaya Sunda seperti reog dan jaipong, calung ,debus, pencak silat dan juga hadroh marawis hingga qosidah,” jelasnya.

Baca Juga : Viral! Video Pelecehan Seksual Driver Taksi Online, Raba Paha Penumpang

Diprediksi, gelaran Dzikir Akbar Bumi Siliwangi 2022 dalam rangka 1 Muharram akan dihadiri oleh 600 sampai 700 orang, mulai dari sanggar, paguyuban hingga dari Habib Hasan dan lainnya.

“Nah jam 7 malamnya diisi zikir akbar, tausyiah. Kita berharap lancar. Pada intinya kita batalkan pawai obor dan digantu dengan zikir akbar. Kalaupun ada yang pawai obor, itu masyarakat pada umumnya karena sudah jadi tradisi juga di wilayah,” tukasnya. (ded)

Berita Lainnya