Menjelang AFF Cup, Timnas U-16 Klaim Alami Peningkatan Signifikan

Bima Sakti (kiri) memberikan pengarahan di sela sesi latihan timnas U-16. (PSSI )

RADAR BOGOR, Tim nasional (timnas) U-16 lima hari lagi berlaga di ajang AFF Cup U-16 di Jogjakarta. Menjelang bergulirnya turnamen, skuad Garuda Asia –julukan timnas Indonesia U-16– mengalami peningkatan signifikan.

Baca Juga : Kejuaraan Dunia 2022, PBSI Yakin Tunggal Putra Akan Bersinar

Pelatih timnas U-16 Bima Sakti Tukiman mengungkapkan, setelah dua pekan menjalani pemusatan latihan di Jogjakarta, para pemain sudah mengerti dengan skema permainan yang diterapkannya.

”Cara bermain tim sudah banyak berubah. Taktik, teknik, dan kedisiplinannya sudah meningkat. Kerangka tim juga sudah terbentuk,” ucap mantan pemain Persiba Balikpapan tersebut.

Selama dua pekan menjalani pemusatan latihan di Kota Pelajar, Garuda Asia sudah melakoni dua pertandingan uji coba. Hasilnya, timnas U-16 kalah 0-2 oleh tim Porprov Jogjakarta U-20. Lalu, Garuda Asia menang telak 5-1 atas tim Porda Sleman U-18.

”Dalam dua laga uji coba itu, kami memang memilih lawan yang usianya satu sampai dua tahun di atas anak-anak. Pertandingan pertama kami memang kalah. Tapi, saya senang anak-anak bisa bangkit dan memenangkan uji coba kedua dengan skor bagus,” ungkap Bima.

Meski demikian, Bima menilai timnya masih perlu perbaikan.

”Ada beberapa kelemahan yang akan kami perbaiki di sisa persiapan minggu ini. Kami akan meningkatkan defense, attacking, serta transisi positif dan negatif. Selain itu, set piece attack akan diperbaiki supaya bisa lebih baik,” jelasnya.

Bima berharap persiapan yang dibangun membawa dampak positif dalam perhelatan AFF Cup U-16. Apalagi, Indonesia berstatus tuan rumah. Mantan penggawa Persegres Gresik United itu tidak mau kehilangan momentum.

Baca Juga : XL Axiata Umumkan Rencana Penawaran Umum Obligasi Berkelanjutan II dan Sukuk

”Sebagai tuan rumah, saya mau tim bermain menekan dan lebih ke depan. Kami harus memaksimalkan setiap laga. Sebab, semua pertandingan penting. Saya menekankan kepada pemain untuk bisa memenangkan pertandingan demi pertandingan,” tegasnya.

Jadwal Garuda Asia di AFF Cup U-16

Minggu, 31 Juli 2022
20.00 WIB: Indonesia vs Filipina (Stadion Maguwoharjo)
Rabu, 3 Agustus 2022
20.00 WIB: Singapura vs Indonesia (Stadion Maguwoharjo)
Sabtu, 6 Agustus 2022
20.00 WIB: Indonesia vs Vietnam (Stadion Maguwoharjo)

(jpg)

 

Editor : Yosep/Yuli-KKL

Berita Lainnya