25 radar bogor

Endang S Thohari Tegaskan 3P Awasi Sumber Daya Keluatan dan Perikanan

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS.,M.Sc, tak henti nya pada masa reses ini terus turun ke masyarakat dengan mengadakan Bimtek, dan terus hadir secara langsung dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengenai penguatan peran masyarakat dalam pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan, melalui sistem pengawasan berbasis masyarakat.

Bintek tersebut dilakukan di Cikidang Bayabang, Kabupaten Cianjur, Rabu (20/7/2022).

Dalam paparannya, Hj. Endang menyampaikan, bahwa beberapa jenis ikan di Indonesia mempunyai nilai ekonomis tinggi, seperti tuna, udang, lobster, ikan karang, berbagai jenis ikan hias, kerang, dan rumput laut.

Potensi lestari sumber daya ikan laut di Indonesia diperkirakan sebesar 12,54 juta ton per tahun.

Masalahnya, kata Hj. Endang, Indonesia kini kekurangan sumber daya manusia yang potensi.

“Kita dorong terus koordinasi antar KKP dan lembaga di bidang kelautan karena masih adanya ego sektoral, IPTEK serta diseminasi teknologi masih kurang dan anggaran sektor kelautan belum memadai, perencanaan dan peningkatan tata kelelola pembangunan kelautan nasional masih bersifat sektoral”.

Untuk itu, lanjut Hj. Endang, ada 3P yang harus diperhatikan.

Yaitu pengelolaan, pengembangan dan pengawasan, tegasnya.

Ketiganya, kata Hj. Endang harus diperkuat dengan bimtek-bimtek dan beberapa bantuan KKP yang sudah berjalan, melalui aspirasinya. (*)