25 radar bogor

Endang S Thohari Bagikan Ilmu Pembuatan Pakan Ikan

RADAR BOGOR, Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi Partai Gerindra Dapil Jabar III, meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur, DR. Ir. Hj. Endang Setyawati Thohari, DESS.,M.Sc, pada masa reses kali ini tak hentinya terus turun ke Masyarakat, dengan mengadakan Bimtek dan hadir secara langsung dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Wisata The Nice Kabupaten Cianjur, Selasa (19/7/2022).

Dalam paparannya, Hj. Endang mengatakan pembuatan pakan mandiri, merupakan cara agar menekan biaya produksi budidaya ikan.

Gerakan Pakan Mandiri (GERPARI) ditujukan untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi melalui peningkatan efisiensi pembiayaan pakan dalam usaha budidaya ikan.

“Pakan ikan mandiri berbasis bahan baku lokal melalui budidaya Magot (belatung) dari hewan serangga lalat hitam Black Soldier Fly (Hermetia illucens), dengan memanfaatkan sampah limbah organik sebagai media tumbuh maggot beserta bahan organik lainnya,” kata Hj. Endang.

Makanya, program pelatihan pembuatan pakan ikan ini berfungsi memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembudidaya agar dapat menghitung komposisi bahan yang dibutuhkan untuk membuat pakan ikan.

Pembudidaya mampu menghasilkan pakan dengan kandungan protein yang sesuai dengan kebutuhan ikan, tambahnya.

Manfaatnya, lanjut Hj. Endang, menekan biaya pakan dan memberikan keuntungan lebih kepada para pembudidaya.

Juga menekan biaya produksi pakan ikan menjadi sekitar 30% dari total biaya produksi, dampaknya pembudidaya dapat meningkatkan keuntungannya hingga 20%, tandas Hj. Endang. (*)