Dokter Forensik Pastikan Tak Ada Intervensi Otopsi Jenazah Brigadir J

Otopsi Ulang Brigadir J
Otopsi Ulang Brigadir J-Antara (Antara)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tim dokter forensik memastikan bekerja secara profesional dalam melakukan otopsi ulang jenazah Brigadir J. Mereka menyebut tidak ada intervensi dari pihak manapun dalam menjalankan proses ekshumasi ini.

“Kami bisa nyatakan kami independen dan imparsial, tidak ada yang memberikan, menitipkan apapun atau memberikan intervensi apapun,” kata Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia Ade Firmansyah Sugiharto, Kamis (28/7).

Ade menuturkan, selama proses otopsi juga didampingi oleh Kompolnas dan Komnas HAM. Sehingga bisa lebih menggaransi jika tim bekerja secara independen.

Baca juga: Hasil Otopsi Jenazah Brigadir Yosua Selesai 4–8 Minggu

Saat ini sampel otopsi ulang jenazah Brigadir J akan dibawa ke laboratorium untuk diteliti lebih mendalam. Butuh waktu untuk menyimpulkan hasil akhir.

“Semua butuh waktu, maka doakan dalam waktu yang tidak terlalu lama kita bisa nyusun laporannya dan nanti laporan ini akan kita sampaikan kepada penyidik, agar penyidik juga bisa membuat terang perkara ini,” jelasnya.

Sebelumnya, baku tembak antara sesama anggota polisi terjadi di rumah dinas Perwira Tinggi (Pati) Polri di Duren Tiga, Jakarta Selatan. Peristiwa ini melibatkan Brigadir J dan Barada E. Keduanya adalah ajudan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

Baca juga: Otopsi Ulang Jenazah Brigadir Yosua Hadapi Sejumlah Kendala

“Benar telah terjadi pada hari Jumat, 8 juli 2022, kurang lebih jam 17.00 atau jam 5 sore,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (11/7).

Peristiwa bermula saat Brigadir Nopryansah Josua memasuki area rumah dinas pejabat Polri. Dia kemudian ditegur oleh Barada E.

“Saat itu yang bersangkutan (Brigadir J) mengacungkan senjata, kemudian melakukan penembakan, dan Barada E tentu menghindar dan membalas tembakan terhadap Brigadir J,” imbuhnya. (jpg)

Editor: Yosep/Aulia-KKL

Berita Lainnya