logo radar

Ditemukan 9 Kasus Suspek Cacar Monyet di Indonesia, Begini Faktanya

Ilustrasi Cacar Monyet

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebanyak 9 kasus terduga cacar monyet atau suspek ditemukan di Indonesia. Hal itu dibenarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Namun, Kemenkes memastikan hasil pemeriksaan menyatakan kesembilan kasus itu negatif cacar monyet.

Juru Bicara Covid-19 Kemenkes, Mohammad Syahril dalam keterangan pers Update Perkembangan Cacar Monyet di Indonesia yang disiarkan secara daring pada Rabu (27/7/2022) menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ditemukan kasus konfirmasi Monkeypox di tanah air. Kesembilan kasus dipastikan negatif dari hasil PCR.

Alhamdulillah, sampai saat ini belum ditemukan kasus Monkeypox di Indonesia. Sebelumnya, ada 9 kasus yang diduga terinfeksi Monkeypox. Usai dilakukan pemeriksaan PCR, kesembilan orang tersebut dinyatakan negatif Monkeypox,” kata Syahril.

Baca juga: Pinggang Langsing

Meskipun demikian, kata dia, berbagai mitigasi telah dilakukan Kemenkes untuk mengantisipasi masuk dan menyebarnya Monkeypox di Indonesia. Kemenkes memperkuat pemeriksaan surveilans di pintu masuk ke negara baik darat, laut, dan udara.

Kemudian meminta seluruh dinkes provinsi dan Kabupaten/Kota, KKP, laboratorium, rumah sakit, puskesmas, dan fasyankes lainnya untuk meningkatkan kewaspadaan. Terutama pasca penetapan Monkeypox sebagai PHEIC (darurat kesehatan global) oleh WHO pada 23 Juli lalu.

Lebih lanjut, Kemenkes juga telah menyiapkan dua laboratorium rujukan pemeriksa Monkeypox di Indonesia yaitu Pusat Studi Satwa Primata LPPM IPB dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof. Sri Oemiyati BKPK. Untuk pencegahan, Syahril mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“misalnya seperti menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun atau alkohol, menggunakan masker serta membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” katanya.(jpg)

Editor: Yosep/Ruli-KKL

Berita Lainnya