Branding Awareness Petani Milenial, Kementan Gelar Open Day di Subang

Polbangtan
Direktur Polbangtan Bogor hadiri Open Day di Subang

SUBANG – RADAR BOGOR, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor Selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Program Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS)  di Jawa Barat bersinergi dengan SMK Negeri 1 Pusakanagara Kabupaten Subang menggelar pameran pertanian bertajuk Open Day (26/7/2022).

Baca Juga : Polbangtan Kementan Lakukan Assesment sebagai Syarat Masuk Mahasiswa Program RPL Tahun 2022

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

“Pertanian memiliki potensi yang luar biasa. Potensi yang bisa menghasilkan. Kita berharap generasi muda bisa menggarap sektor ini. Karena, pertanian seperti merpati yang tidak pernah ingkar janji,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menuturkan bahwa sekarang ini dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas tinggi untuk memajukan sektor pertanian Indonesia.

“Sudah saatnya pertanian dikelola oleh generasi milenial yang menggunakan kreativitas dan inovasinya sehingga pertanian kedepan menjadi pertanian modern yang tak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya tetapi juga berorientasi ekspor. Saat ini kita telah memiliki banyak petani milenial sekaligus enterpreneur di bidang pertanian,” paparnya.

Pameran ini dibuka untuk umum dengan tujuan untuk branding awareness kepada masyarakat khususnya para remaja untuk memperkenalkan dunia pertanian sejak dini. Selain itu, kegiatan yang memamerkan seluruh produk hasil pertanian dan olahannya ini untuk mengenalkan masyarakat sekitar tentang Program YESS.

Kegiatan  ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi sekaligus membuka acara tersebut. Dalam kesempatan itu Wakil Bupati menyampaikan bahwa potensi pertanian dan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Subang sangat besar sehingga kehadiran program YESS di Kabupaten Subang disambut dengan baik.

“Dengan adanya kerjasama di bidang pendidikan dan pertanian akan mempercepat pertumbuhan wirausahawan pertanian di Kabupaten Subang”, ujarnya.

SMK Negeri 1 Pusakanagara akan bersinergi dengan Program YESS yaitu berperan aktif mengarahkan siswa dan siswinya untuk menjadi wirausahawan muda di bidang pertanian. Hal ini tentunya akan berdampak baik untuk menguatkan sinergi dunia pertanian dengan dunia usaha. Selain itu, ajang ini juga dimanfaatkan sebagai media sosialisasi program-program dari Kementerian Pertanian.

Hadir pula Direktur Polbangtan Bogor, Detia Tri Yunandar yang menyatakan bahwa kegiatan open day merupakan kolaborasi antara Polbangtan Bogor dibawah Kementerian Pertanian dengan International Fund Agricultural Development (IFAD) melalui program YESS. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan minat siswa untuk bekerja di bidang pertanian sebagai upaya untuk mewujudkan regenerasi Petani Milenial.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan penyerahan secara simbolis program Hibah Kompetitif kepada 25 orang penerima HK di tahun 2022, serta pelepasan pelepasan program magang bersertifikat YESS PPIU Jabar tahun 2022. (*)

Pewarta: Ardianinda Wisda
Sumber: YESS PPIU Jabar

Berita Lainnya