25 radar bogor

Solusi dari Sandiaga Uno, Bangkitkan Ekonomi Lewat Pelaku Ekonomi Kreatif

Sandiaga Uno, Bangkitkan Ekonomi Lewat Pelaku Ekonomi Kreatif

RADAR BOGOR, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, penting menciptakan strategi untuk pengembangan para pelaku ekonomi kreatif untuk menghadapi era disrupsi. Sehingga para pelaku usaha ini bisa membangkitkan ekonomi.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara Kelana Nusantara di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. “Melalui Kelana Nusantara, kami berupaya untuk menghidupkan kembali semangat berkarya dalam menghadapi era disrupsi yang muncul akibat Pandemi Covid-19,” kata Sandi, Rabu (27/7).

Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini mengimbau agar para pelaku ekonomi kreatif terus melakukan inovasi dan adaptasi. Sehingga mereka bisa melakukan penyesuaian dengan zaman.

“Saya melihat memang ini waktunya kita para entrepreneur beradaptasi dengan dinamika yang terjadi, berani mengambil risiko, dan bersikap pro aktif. Terus berinovasi adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan era disrupsi,” jelasnya.

Baca Juga: Tol Jatikarya Diblokade Ahli Waris, Mulyadi Minta Warga Datang ke Rumah Aspirasi

Selain meningkatkan inovasi dan adaptasi, Sandi juga mendorong para pelaku ekonomi kreatif agar dapat berkolaborasi dengan semua pihak dalam menjadi ujung tombak kebangkitan ekonomi Indonesia.

“Sektor ekonomi kreatif adalah ujung tombok kebangkitan ekonomi Indonesia. Kami harap forum ini bisa menjadi cikal bakal bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berjejaring mengembangkan sektor ekonomi kreatif, khususnya di Kabupaten Demak sehingga dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” ungkap Sandi.

Kegiatan Kelana Nusantara ini juga dimaksudkan sebagai wadah untuk mensosialisasikan Strategi Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif atau KaTa Kreatif bersama 2 program lainnya, yaitu Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) dan Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang merupakan unggulan Kemenparekraf 2 tahun terakhir.

Baca JugaPrabowo Akan Umumkan Pencapresan di Rapimnas, NasDem: Semakin Cepat Semakin Baik

“Saya hadir di sini karena ingin mendengarkan ide-ide kreatif, membuka jejaring, sekaligus mengajak Pemerintah Kabupaten Demak untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kolaborasi akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media (ABCGM) dengan terus menghadirkan gelaran yang mampu menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara, serta merangkul pelaku ekonomi kreatif untuk terus bangkit bersama,” pungkas Sandi. (jpg)

Editor: Yosep/Khonsa-KKL