SMA Kosgoro Terus Lahirkan Siswa Berprestasi, Ada Peran Orang Tua

SMA Kosgoro
Penyerahan piala kepada siswa SMA Kosgoro Kota Bogor yang berprestasi.

BOGOR-RADAR BOGOR, SMA Kosgoro Kota Bogor selalu melahirkan siswa-siswi berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Baca Juga : MPLS, Peserta Didik Baru SMA Kosgoro Diminta Semangat Belajar dan Disiplin

Seperti siswa yang bernama Marchella Panduwinata  yang memperoleh juara umum I kelas X MIPA dan Pasha Amalia Ichwan yang memperoleh juara umum I kelas XI IPS Tahun Pelajaran 2021/2022.

Ada pula siswa yang bernama Muhammad Faris Revansyah yang memperoleh prestasi di Tim Olimpiade Sain Nasional Kota Bogor Bidang Astronomi.

Dari sekian banyak siswa berprestasi di SMA Kosgoro Kota Bogor, mereka merupakan salah satu motivator bagi teman-temannya untuk terus meningkatkan prestasi belajar.

“Diam-diam menghanyutkan” adalah peribahasa yang sangat cocok untuk Faris Revansyah. Orang tua Faris tidak mengetahui kemampuan yang dimiliki Faris.

Di rumah ia dikenal sebagai anak yang pendiam. Saat SMP Faris bukan tipikal siswa yang aktif di sekolah. Orang tuanya pun tidak pernah menuntutnya agar selalu mendapat peringkat di sekolah.

Namun saat Faris menempuh pendidikan di SMA Kosgoro Kota Bogor, ia memperoleh prestasi dan terus bisa mengasah kemampuannya.

“Saya kaget, Faris banyak perubahan. Saya merasa bangga. Doa orang tua selalu menyertai. Selama belajar di SMA Kosgoro, Faris banyak mengalami perubahan,” ujar Ibu Faris yang sangat bangga dengan prestasi putranya.

Sama halnya dengan Marchella Panduwinata yang dikenal orang tuanya sebagai anak yang pendiam dan jarang bicara. Ternyata Marchella memiliki prestasi di bidang akademik.

Ia selalu mengutamakan tugas-tugas sekolah. Rajin dan selalu tepat waktu dalam mengerjakan tugas. Orang tua Marchella tidak pernah menuntutnya agar selalu bisa dalam segala hal. Akan tetapi orangtua selalu mendukung putrinya dalam hal kebaikan.

Keputusan orang tua Marchella memilih SMA Kosgoro Kota Bogor sangat tepat. Marchella banyak berubah menjadi lebih baik dan menjadi siswa yang berprestasi di sekolah.

Ibunya mengatakan jika Marchella lebih rajin dalam belajar dan beribadah. “Anak saya sekolah di sini agamanya tambah kuat. Lebih rajin dan selalu mengerjakan tugas tepat waktu,” ujarnya.

Selain itu siswa bernama Pasha Amalia Ichwan merupakan siswa berprestasi yang selalu memperoleh juara umum di SMA Kosgoro Kota Bogor. Dikenal sebagai anak yang pendiam oleh orang tuanya ternyata memiliki banyak keahlian di bidang akademik dan non-akademik.

Selain berprestasi di bidang akademik, Pasha aktif dalam organisasi. Ia adalah ketua MPK dan aktif sebagai bagian dari Forum Komunikasi OSIS Bogor dan Forum OSIS Jawa Barat.

Adanya penghargaan  yang diberikan untuk siswa berprestasi membuat orang tua Pasha sangat bersyukur memilih sekolah yang terbaik untuk putranya. Mereka selalu mendukung dan tetap mengarahkan keinginan Pasha dengan baik.

“Mengalir saja, namun harus terima konsekuensinya. Apa yang dia pilih harus diperjuangkan,” ujar Ibu Pasha.

Sebelum Pasha memilih SMA Kosgoro Kota Bogor untuk melanjutkan pendidikannya, ia sempat menangis karena tidak lolos di SMA Negeri pilihannya. Namun, Ayah Pasha memberikan nasehat untuk menyemangatinya.

“Tidak usah lihat sekolahnya dimana. Dimana pun kamu sekolah yang penting kamu bisa bersinar!”. Ujar Ayah Pasha seraya memotivasi Pasha agar tidak patah semangat. Nasehat yang diberikan oleh Ayah kini menjadi motivasi bagi Pasha untuk terus mempertahankan dan meningkatkan prestasinya di sekolah.

Dimana pun kita menuntut ilmu, baik negeri mau pun swasta tidak membatasi untuk terus tekun belajar dan meraih prestasi. Kadang apa yang kita inginkan tidak selalu tercapai, tapi ternyata itulah yang terbaik. (*)

Editor : Yosep

Berita Lainnya