logo radar

Petani Harus Tercover BPJS Ketenagakerjaan, Risiko Kecelakaan Tinggi 

BPJS Ketenagakerjaan
Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan terhadap Badan Penyuluh Pertanian Cariu itu, perihal pentingnya jaminan sosial terhadap para petani di Kecamatan Cariu dan Tanjungsari, Kabupaten Bogor.

CARIU-RADAR BOGOR, BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi melakukan sosialisasi Progam Jaminan Sosial BPJS ketenagakerjaan dan Sistem PERISAI.

Baca Juga : Tidak Patuh BPJS Ketenagakerjaan, 63 Badan Usaha Dipanggil Kejaksaan 

Sosialisasi terhadap Badan Penyuluh Pertanian Cariu itu, perihal pentingnya jaminan sosial terhadap para petani di Kecamatan Cariu dan Tanjungsari, Kabupaten Bogor.

Dengan sosialisasi ini diharapkan para petani di Kecamatan Cariu dan Tanjungsari ini bisa mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Mengingat risiko kecelakan kerja terhadap petani kerap terjadi.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi, Dedi Mulyadi memaparkan, sosialisasi dilakukan di kantor Badan penyuluh Pertanian Cariu.

“Yang disampaikan yakni sosialisasi program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan juga Sistem PERISAI ke Badan Penyuluhan Pertanian Cariu ,” katanya kepada Radar Bogor Rabu (27/7/2022).

Dedi memaparkan, pentingnya petani mendapatkan jaminan sosial dan menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan karena petani mempunyai risiko kecelakaan cukup tinggi .

“Iya penting sekali karena belum ada jaminan sosial untuk para petani. Baru ada asuransi untuk lahan pertanian jika gagal panen,” paparnya.

Dedi menuturkan minimal dua program BPJS ketenagakerjaan yang bisa diikuti oleh para petani. Yakni program JKK dan JKM. “Selain murah, juga manfaat yang diterima banyak,” ujarnya.

Baca Juga : Awas, Penipuan Atas Nama BPJS Ketenagakerjaan. Begini Modusnya!

Selain itu, JKM dan JKK ini menjadi program paling tepat untuk petani karena sering terjadinya kasus petani meninggal di lahan pertanian yang mereka garap. “Jadi minimal para petani ini bisa mengikuti dua progam ini,” paparnya.

Ia berharap dengan sosialisasi yang dilakukan ini, makin banyak petani yang tercover BPJS Ketenagakerjaan. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep

Berita Lainnya