25 radar bogor

Mayoritas Publik Mulai Percaya Partai Politik Dalam Survei Indopol

BENDERA PARPOL. Tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik mengalami peningkatan. Hal itu terungkap dalam hasil survei yang dilakukan Indopol yang dilakukan pada Juni 2022.

RADAR BOGOR, Tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik mengalami peningkatan. Hal itu terungkap dalam hasil survei yang dilakukan Indopol pada Juni 2022.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca : Bogor Pagi Hingga Siang Cerah, Sore Hujan

“Ini menunjukkan adanya harapan publik kepada parpol sebagai tempat menyalurkan aspirasi,” ujar Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto, dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Selasa (26/7).

Ratno menjelaskan, dari hasil dari survei tersebut, responden mengaku percaya pada partai politik 64,07 persen, sementara yang tidak percaya sebanyak 35,93 persen.

Sementara itu, temuan lain dalam survei ini adalah tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah menurun.

“Approval rating kinerja Jokowi pada Juni 2022  (sebesar 66.42 persen) menurun dibanding Januari 2022 ( sebesar 72.93 persen),” jelasnya.

Menurutnya, sebaran wilayah tingkat kepuasan kinerja Jokowi merata di pedesaan dan perkotaan meskipun lebih banyak sedikit di wilayah pedesaan, untuk wilayah provinsi tersebar di Jawa Tengah-DIY, Jawa Timur, Bali-NTT-NTB, Maluku-Papua dan Banten. Sementara yang menyatakan tidak puas di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan wilayah Sumatera.

Baca Juga : Simaklah, Suara Anak Daerah Kota Bogor

Dijelaskan Ratno, tren kepuasan publik terhadap upaya pemerintah Jokowi-Makruf Amin dalam menangani sejumlah bidang, juga menurun di hampir semua bidang. Kecuali penanganan kriminalitas (narkoba, pencurian, perampokan dll) dari survei sebelumnya.

“Namun yang tingkat kepuasannnya rendah ada di masalah: pemulihan ekonomi pascapandemi, pemberantasan korupsi, pembukaan lapangan kerja, dan penanganan pengangguran dan kemiskinan,” jelasnya.(jpg)

Editor : Yosep/Luthfiah – KKL