logo radar

Waduh! Empat Anggota DPRD Kota Bogor Pelesiran ke Italia

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah anggota DPRD Kota Bogor dikabarkan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke luar negeri. Mereka melakukan perjalanan ke Italia baru-baru ini.

Adapun ke empat anggota DPRD yang bertolak ke Negeri Pizza itu adalah H Murtadho, Said Mochamad Mohan, Sarif Sastra dan Rifky Alaydrus. Keempatnya tercatat sebagai anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor.

Informasi yang dihimpun Radar Bogor, selama beberapa hari di Italia, anggota DPRD Kota Bogor tersebut mempelajari soal transportasi umum dan soal kesejahteraan.

Keberangkatan anggota DPRD Kota Bogor ke luar negeri pun dibenarkan Sekretaris Dewan (Setwan) DPRD Kota Bogor, Boris Darurasman.

Baca juga: Proyek Eiger di Puncak Ganggu Pasokan Listrik Warga Sukagalih, Ini Penyebabnya!

“Betul, ada empat anggota dewan yang berangkat, dan didampingi oleh satu ASN,” kata pria yang kerap disapa Boris saat dihubungi via telpon, Senin (25/7/2022).

Menurutnya, sesuai himbauan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kegiatan Kunker keluar negeri memang tidak diperbolehkan selama pandemi Covid-19.

Hanya saja, kata dia, kebijakan terbaru saat ini perjalanan ke luar negeri sudah bisa dilakukan.

“Aturan yang baru sudah boleh melakukan kunker ke luar negeri,” ucapnya.

Menurutnya, keberangkatan anggota legislatif ke luar negeri itu sebenarnya memang sudah dianggarkan, dan sudah ditetapkan dalam SIPD.

Untuk itu, anggaran kunker luar negeri, sambungnya, sudah termasuk ke dalam akomodasi hotel dan sebagainya, sebagaimana diatur dalam ketentuan SIPD.

Baca juga: Presiden dan Mantan Presiden ACT Resmi Ditetapkan Tersangka

“Kalau misalnya biaya hotel di Italia atau tempat kunjungan sekian, atau misalnya biaya kopi sekian, kalau kita masukin angka diatas sistem maka akan merah, artinya tidak bisa,” ungkapnya.

Kendati demikian, Boris enggan merinci berapa anggaran yang dihabiskan para wakil rakyat untuk plesiran ke Eropa.

Namun demikian, dilanjutkan Boris anggota dewan yang melakukan kunjungan itu sesuai tupoksi di komisinya, dan hasilnya nanti akan dimplementasikan dengan masing-masing dinas yang menjadi mitra kerjanya.

Boris menambahkan, para anggota DPRD yang melaksanakan kunker ke luar negeri, setibanya di tanah air mereka harus membuat laporan, terkait apa saja yang dipelajari kepada Kemendagri, paling lambat sepekan setelah kepulangannya.

“Harus dibuat laporan dalam sepekan, jika tidak, akan ada sanksinya,” imbuhnya.(ded)

Editor: Rany

Berita Lainnya