logo radar

Seniman dan Budayawan Kolaborasi di Acara Kearifan Sastra Sunda

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Penggiat budaya, sastrawan sekaligus pemilik Rumah Budaya HMA, Halimah Munawir bersama Sastra Semesta menggelar acara kearifan sastra Sunda di Rumah Budaya HMA, Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Senin (25/7/2022).

Dalam kegiatan tersebut tampak pula sejumlah seninam dan budayawan, seperti Sam Mukhtar Chaniago, Tuti Tarwiyah Adi, Nanang R Supriyatin, Eddy Pramduane, Dzakwan Alie, Tuti Susilawati dan Ebok, Halimah Munawir.

“Saya mengajak para seniman dan budayawan untuk bersama-sama melestarikan seni budaya Sunda dan juga berkegiatan di Rumah Budaya HMA,” ucap Halimah Munawir kepada Radar Bogor, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Selain Gedung Perpustakaan, Proyek Alun-alun Kota Bogor Juga Bermasalah

Halimah Munawir memaparkan, acara Sastra Semesta yang sudah ke 10 kali ini berlangsung meriah. Sastrawan yang hadir banyak yang datang dari luar kota.

Selain penampilan para sastrawan, acara Sastra Semesta juga diisi oleh para budayawan. Seperti kolaborasi melukis dan membaca puisi yang ditampilkan Ari Gadho dan Joeliant Darniezt.

Juga ada musikalisasi puisi yang dibawakan  Rini Diyanti Ayahbi dan penyanyi balada Fredo, teatrikal reading Herlina, teater jalanan nusantara , teater gunung, kebon sastra, pelatihan produksi ecoprint  dan penampilan musik tradisional oleh bambu harmoni.

Dalam kesempatan ini, Halimah Munawir pun mendapatkan cindera mata lukisan dari Ari Gadho. Lukisan tersebut terinspirasi dari puisi berjudul Titik Nadir, yang ditulis oleh Halimah Munawir.

Sementara itu, Koordinator acara Sastra Semesta, Ireng Halimun mengatakan turut bangga dengan keberadaan Rumah Budaya HMA sebagai wadah giat para sastrawan, budayawan dan seniman.

“Saya bangga dan ini menjadi wadah para sastrawan, budayawan dan seniman,” katanya kepada Radar Bogor, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Disdik Bakal Merger Dua Sekolah SD

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Deni Humaidi mengapresiasi acara Sastra Semesta ke 10 ini.

“Saya sangat mengapresiasi Rumah Budaya HMA yang rutin melaksanakan giat pelestarian seni dan budaya. Seperti hari ini yang juga menampilkan kearifan sastra Sunda,” tukasnya. (all)

Editor: Rany

Berita Lainnya