25 radar bogor

Pria di Nanggung Ini ‘Sulap’ Limbah Kayu dan Bambu jadi Kerajinan Berharga

Limbah Kayu dan Bambu
Rahmat Mulyadi, pengrajin kerajinan limbah kayu dan bambu di daerah Kampung Pondok Peucang, Kecamatan Nanggung, Desa Nanggung, Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Limbah kayu dan bambu kini tidak lagi berujung di pembakaran dan menjadi abu. Limbah kayu dan bambu kini sudah bisa diolah menjadi sebuah kerajinan dengan nilai estetika dan fungsi untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Alasan Taman Sempur Jadi Tempat Olahraga Favorit

Seperti yang dilakukan Rahmat Mulyadi, pengrajin kerajinan limbah kayu dan bambu di daerah Kampung Pondok Peucang, Kecamatan Nanggung, Desa Nanggung, Kabupaten Bogor.

Pria yang biasa disapa Mamat itu, membuat kerajinan dari limbah kayu dan bambu dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari gantungan kunci, alat makan, poci, ATK, plakat cinderamata sampai koper wadah untuk dokumen.

Harga yang dijajakan terbilang cukup murah dan terjangkau mulai dari Rp5000,- sampai Rp. 150.000, per buah, tergantung tingkat kerumitannya. Bahan untuk membuat kerajinan adalah semua jenis kayu, tetapi lebih di fokuskan untuk limbah bambu.

Tidak hanya membuat kerajinan, Mamat juga membuka jasa pelatihan bagi masyarakat di desanya yang ingin belajar membuat kerajinan limbah kayu dan bambu.

“Saya memfasilitasi siapa saja yang ingin belajar dan mempunyai bakat di bidang ini, ya saya fasilitasi untuk belajar sampai bisa membuat kerajinan limbah kayu sendiri,” tukas Mamat.

Alasan ia membuat kerajinan ini karena banyak limbah kayu dan bambu yang berakhir di pembakaran. Padahal, tegasnya, limbah kayu dan bambu sudah banyak di ekspor ke berbagai negara dengan harga yang murah, kemudian diolah oleh orang asing dan di jual kembali ke Indonesia dengan harga yang cukup mahal. Akhirnya ia tergerak untuk membuat kerajinan sendiri demi kemajuan ekonomi di desa nya.

Tidak hanya itu, tujuan Mamat membuat kerajinan ini untuk menggerakkan produktivitas dan roda perekonomian di desanya

“Saya saat ini sedang mendorong dan mencoba memfasilitasi seluruh UKM yang ada di Desa Nanggung untuk mengembangkan usahanya, salah satunya kerajinan limbah kayu dan bambu milik pak Mamat ini” ucap Ahmad Sodiq selalu Lurah Desa Nanggung.

Mamat juga menerima permintaan pemesanan kerajinan untuk pembuatan souvernir dan juga plakat cinderamata.

Selain itu, kerajinan limbah kayu dan bambu buatan Mamat sudah banyak dipamerkan di berbagai gelaran di Jawa Barat, bahkan selebriti seperti Anji dan Bupati Bogor pun sudah melihat pameran kerajinan limbah kayu dan bambu miliknya. (Nadila-KKL)

Editor : Yosep