25 radar bogor

PPDB 2022 Selesai, 8.600 Siswa di Kota Bogor Gagal Masuk SMP Negeri

Hari Pertama PPDB Jenjang SMP di Kota Bogor, Banyak Orang Tua Siswa Kebingungan
Hari Pertama PPDB Jenjang SMP di Kota Bogor, Banyak Orang Tua Siswa Kebingungan

BOGOR-RADAR BOGOR, Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tingkat SMP di Kota Bogor tahun 2022 resmi telah selesai dilaksanakan.

Baca Juga : Hanya Satu Tahap, Hasil Seleksi PPDB SMP Telah Keluar

Saat ini, sejumlah siswa baru sudah mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di masing-masing sekolahnya secara daring.

Berdasarkan hasil catatan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, total sebanyak 14 ribu siswa yang mendaftarkan diri masuk ke 20 SMP Negeri yang ada di Kota Bogor, dalam PPDB tahun 2022.

Namun, dari 14 ribu siswa yang mendaftar, hanya sebanyak 5.600 siswa yang diterima masuk ke SMP Negeri yang ada di Kota Bogor.

“Dari dua tahap (pendaftaran) itu kurang lebih 14 ribuan siswa yang mendaftar, yang diterima hanya 5.600an siswa sesuai kapasitas sekolah,” kata Kepala Disdik Kota Bogor, Hanafi, Kamis (21/7/2022).

Meski begitu, Hanafi meyakini, untuk siswa yang tidak keterima di SMP Negeri, mereka masih bisa melanjutkan jenjang pendidikannya di SMP Swasta yang ada di Kota Bogor.

“Kalau swasta menurut saya cukup, karena kalau sekolah yang ada di Kota Bogor itu tingkat SMP-nya memungkinkan, SMP Swasta ada 107 sekolah dan Negeri 20 sekolah,” ujar Hanafi menjawab apakah siswa yang tidak diterima masuk SMP Negeri akan tetap sekolah di Kota Bogor.

Diketahui, Pelaksanaan PPDB tahap pertama di Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai dibuka pada Senin (20/6).

PPDB SMP tahap pertama ini diperuntukan bagi para calon peserta didik yang ingin mendaftar melalui jalur afirmasi dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), perpindahan tugas orang tua, maslahat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), serta prestasi akademik atau non akademik dan prestasi nilai raport.

Beberapa sekolah di Kota Bogor langsung menjadi target serbuan para orang tua calon peserta didik. Salah satu sekolah yang banyak diminati yakni SMP Negeri (SMPN) 1 Kota Bogor.

Baca Juga : Awas! Ada Calo PPDB di Sekolah Negeri

Sejak pagi hingga pukul 14:00 WIB orang tua calon peserta didik bergantian memasuki ruangan verifikasi dengan membawa map berisi dokumen persyaratan.

Tak jarang, terlihat beberapa guru Sekolah Dasar (SD) membawa tumpukkan map untuk mendaftarkan secara kolektif anak didiknya ke SMPN 1 Bogor. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep