logo radar

Airlangga-AHY Unggul Dari Prabowo-Puan, Simulasi Paslon 2024

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam pertemuan di kediaman Airlangga di Jakarta pada Sabtu (7/5).

RADAR BOGOR, Simulasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024 yang dilakukan Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) menyatakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) didukung mayoritas responden. Survei ini dilakukan pada 21 Juni-5 Juli 2022 melalui wawancara telepon menggunakan kuesioner terstruktur.

Baca Juga : DPR Akan Segera Sikapi Putusan MK yang Tolak Permohonan Legalisasi Ganja untuk Medis

“Jika Airlangga Hartarto dipasangkan dengan Agus Harmurti Yudhoyono mendapat dukungan 24,4 persen. Unggul dari pasangan Prabowo Subianto dengan Puan Maharani yang hanya mendapat dukungan 17,7 persen,” kata Peneliti ARSC Bagus Balghi dalam keterangan tertulis, Kamis (21/7).

Bagus mengutarakan, simulasi pasangan calon mempertimbangkan kombinasi antara figur ketua umum atau pimpinan partai politik dengan sosok populer. Survei ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi dan sikap masyarakat terhadap isu-isu aktual terkait dengan kinerja pemerintahan dan kontestasi menuju Pemilu 2024.

Airlangga Hartarto, lanjut Bagus, mendapat insentif politik dari kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah di bidang pemulihan ekonomi. Sementara figur AHY mewakili representasi anak muda sesuai dengan bonus demografi pada Pemilu 2024 mendatang.

“Kombinasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang dinilai publik ideal adalah sosok ketua umum/pimpinan partai politik dan sosok populer,” ujar Bagus.

Baca Juga : KPK Katakan Biaya Politik yang Mahal Berdampak Praktik Korupsi

Sebagaimana diketahui, survei mengambil sampel 1.225 responden yang terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019. Sampel ditentukan dengan acak bertingkat (Multistage random sampling, dengan Margin of error kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95 persen. (jpg)

 

Editor :Yosep/Yuli-KKL

Berita Lainnya