25 radar bogor

LPDP dan Kemenag Siapkan 2000 Beasiswa S1 untuk Guru Madrasah

Guru Madrasah di Kabupaten Bogor.

RADAR BOGOR, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam  Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) akan memberikan beasiswa kepada 2000 guru madrasah, pondok pesantren, dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI).

Baca Juga : Pelecehan dan Pengancaman, Kasus Istri Irjen Sambo Naik Penyidikan

Plh. Dirjen Pendidikan Islam, Amin Suyitno mengatakan, bantuan pendidikan yang akan diberikan adalah beasiswa Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam atau PJJ PAI. Tujuannya, untuk meningkatkan kualifikasi akademik bagi guru yang belum S1.

Suyitno menerangkan, berdasarkan data base guru dalam Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemenag (Simpatika), masih ada 3.912 guru madrasah pengampu mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) yang harus ditingkatkan kualifikasi akademiknya.

“Sementara guru PAI di sekolah menurut data Sistem Informasi Administrasi Guru Agama (Siaga), jumlah guru PAI di sekolah yang kualifikasi akademiknya belum S1 mencapai 14.695 orang,” kata Suyitno kepada wartawan, Selasa (19/7).

Suyitno menegaskan, melalui program PJJ PAI diharapkan para guru dapat memanfaatkan peluang beasiswa ini sebaik-baiknya. Sehingga, mereka memiliki peluang untuk menjadi guru professional dan memperoleh sertifikat pendidik.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, persoalan kualifikasi akademik guru tidak hanya dialami guru di madrasah dan sekolah saja. Guru-guru agama yang mengajar di madrasah diniyah dan pondok pesantren pun dinilai sama, masih banyak yang belum memenuhi kualifikasi akademik sarjana.

“Beasiswa ini peluang yang amat sayang jika tidak dimanfaatkan oleh para guru, apalagi diselenggarakan dalam bentuk PJJ dengan pembelajaran secara fleksibel, namun tetap berkualitas,” imbuhnya.

Baca JugaPelecehan dan Pengancaman, Kasus Istri Irjen Sambo Naik Penyidikan

Suyitno meminta kepada seluruh kepala madrasah, pimpinan pondok pesantren, Kasi Pendidikan Madrasah dan Kasi Pendidikan Agama Islam Sekolah di Kankemenag Kabupaten/Kota untuk bersama-sama mengawal program ini.

“Informasi beasiswa ini harus sampai kepada para guru dengan baik dan masyarakat umum,” pungkasnya.(jpg)

Editor : Yosep/Luthfiah – KKL