25 radar bogor

FIBA Asia Cup 2022! Jika Timnas Indonesia Menang, Lolos Piala Dunia

Tim nasional basket Indonesia
Para penggawa tim nasional basket Indonesia menyapa para suporter usai mengalahkan tim nasional Arab Saudi dalam babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). ( ANTARA/Aditya Pradana Putra)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Indonesia akan menjalani laga playoff di kejuaraan FIBA Asia Cup 2022. Hari ini (18/7) di Istora Senayan, Merah Putih akan bertemu dengan tim Tiongkok.

Laga ini sangat penting. Bahkan bisa disebut pertandingan terbesar tim nasional basket Indonesia. Sebab jika menang, Indonesia akan melaju ke babak delapan besar. Jika masuk delapan besar, Indonesia bakal tampil di FIBA World Cup 2023. Kejuaraan tersebut rencananya dilangsungkan di Filipina–Jepang–Indonesia pada 25 Agustus–3 September tahun depan.

Baca Juga : Kalidou Koulibaly, Resmi Jadi Pemain Baru Chelsea dengan Banderol Rp 600 Miliar

Pelatih Indonesia Milos Pejic paham betul pentingnya laga melawan timnas Tiongkok itu. Milos tak menampik adanya tekanan untuk bisa menang dan memastikan diri bermain di World Cup tahun depan.

Namun, juru taktik asal Serbia tersebut mengingatkan kepada anak asuhnya untuk bermain lepas.

’’Intinya, tekanan itu akan tetap ada. Namun, pendekatan kami untuk laga nanti juga sangat menentukan,’’ kata Milos. ’’Mental itu penting untuk laga sekelas fase gugur seperti ini,’’ tambah Milos.

Pelatih yang mengantarkan Satria Muda Pertamina Jakarta juara IBL 2021 itu diharapkan bisa kembali menciptakan sejarah bagi timnas basket Indonesia.

Sebelumnya, Milos berhasil mengantarkan Indonesia meraih medali emas untuk kali pertama di SEA Games ketika bertanding di Hanoi.

Cuma, FIBA Asia Cup disebutnya memiliki level yang berbeda dengan SEA Games yang hanya diikuti antarnegara di Asia Tenggara.

Baca Juga : Wajib Booster untuk PPDN Kini Resmi di Berlakukan

’’Ini level Asia. Dan Indonesia butuh laga-laga semacam ini agar bisa berkembang ke depannya. Kami harus mendekati level ini dan melawan tim-tim macam Australia, Korea, dan Tiongkok agar tahu sejauh apa kami berkembang,’’ ujar Milos.

Pemain Indonesia Andakara Prastawa menegaskan tak ingin lagi merasakan kekalahan. ’’Kami percaya diri untuk bisa rebut tiket ke World Cup,’’ ucap Pras –sapaan Andakara Prastawa. (jpg)

 

Editor : Yosep/Yuli-KKL