25 radar bogor

Ikuti Ajang Bergengsi, Turnamen King League One Jaring Bibit Muda

Pertandingan bola.king league one di lapangan dharma wira waskita bogor barat,foto sof/RB
Pertandingan bola.king league one di lapangan dharma wira waskita bogor barat,foto sof/RB

BOGOR-RADAR BOGOR, King League One kembali hadir di Kota Bogor. Turnamen bergengsi tersebut bertujuan untul mencari bibit muda.

Turnamen yang digawangi tiga pelatih PSSI Kota Bogor kali ini mengadakan King League One dengan tiga tingkatan dibawah usia 16 tahun yakni U14, U15, dan U16.

Pada King League One Musim 2022-2023 itu diikuti 21 Tim SSB terpilih dari sekian banyak Sekolah Sepak Bola (SSB) yang tersebar di Bogor Raya.

“Sebenarnya Bogor itu banyak bakat tapi tidak menonjol, meski ada itupun mereka ikut liga yang diluar. King League One hadir sebagai wadah sebagai liga,” kata Ketua Pelaksana Liga King League One Artoio Gomes di Lapangan Dharma Wira Waskita, Kecamatan Bogor Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu (17/7/2022).

Menurutnya, Tim SSB yang mengikuti Liga ini bakal beradu skill dan kemampuannya di lapangan selama empat bulan ke depan.

“Ini pertandingan pekan pertama, Ada 6 pertandingan dan 12 tim yang bertanding,” ucapnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Disdik Kota Bogor Keluarkan Kebijakan PLS Secara Daring

Kehadiran King League One Musim memberikan kesempatan untuk menjaring bakat para pemain sepak bola khususnya di Bogor Raya.

“Biasanya turnamen hanya mencetak juara, bukan mencetak pemain berbakat dan berpotensi,” katanya.

Karenanya, King League One tak hanya mencari juara akan tetapi melihat dari sisi lainnya yakni pembinaan.

King League One juga mengikutsertakan talent scouting yang tidak hanya dari Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan dan pelatih Elite Pro Academy saja, tetapi juga melibatkan pelatih dari tim peserta.

Dengan harapan para pelatih bisa mendapatkan ilmu kepelatihan yang lebih luas, tidak sekedar melatih saja.

Kehadiran kompetisi King League One juga sebagai jembatan bagi para pemain-pemain berbakat yang ada di setiap SSB untuk dapat terpantau oleh tim-tim Elite Pro Liga 1.

Seperti pada penyelenggaraan King League One tahun lalu, dua pemain dari tim peserta, Bogor Soccer School, berhasil masuk dalam tim inti Elite Pro Academy Persita Tangerang.

“Yang membagakan, satu dari dua pemain tersebut diminta untuk memperkuat tim yang sama untuk musim kompetis tahun ini,” ucap Gomes.

Baca juga: Kegep Jual Miras Oplosan, Warung Kelontong di Alun-alun Kota Bogor Diacak-acak Polisi

King League One musim 2022-2023 adalah kompetisi untuk kali keduanya.

Dari sisi peserta pun kini tidak hanya dari Bogor dan sekitarnya, tetapi dari Karawang (Akademi Persib Karawang), Jakarta (Bhanyangkara Muda Jakarta) dan Bekasi (Duta Junior).

Selain itu, King League One musim ini melakukan perubahan pula dengan menerapkan sport science.

King League One bekerja sama dengan Tim11 Footbal Data Analysis sebagai penyedia data statistik kompetis dari awal hingga kompetisi berakhir.

Nantinya tim peserta akan mendapatkan laporan data statistik tentang tim dan pemain mereka. Baik dari sisi menyerang, bertahan bahkan sampai skill individu pemain.

Kehadiran sport science ini sangat membantu pelatih tim peserta untuk menganalisis tim mereka setelah bertanding, mengenai kekurangan dan kelebihan tim mereka. (ded)

Editor: Rany