Cegah Covid-19, MPLS di Kota Bogor Dilaksanakan Online

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor memutuskan pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) akan berjalan secara online atau Dalam Jaringan (Daring).

Kebijakan ini dikeluarkan pihak Disdik dalam Surat Edaran Dinas Pendidikan No 421/4070-SMP Tanggal 15 Juli 2022.

Kepala Disdik Kota Bogor, Hanafi menjelaskan kebijakan tersebut diterapkan untuk mengantisipasi resiko siswa tertular virus Covid-19 yang kini angka penyebarannya sedang naik di Kota Bogor.

Baca juga: BMKG: Waspada, Ada Gelombang Sangat Tinggi Capai 6 Meter

“Kita tidak ambil resiko, menggunakan langkah preventif khawatir terjadi sesuatu pada para siswa,” ujarnya saat dikonfirmasi Radar Bogor pada Sabtu (16/7) malam.

MPLS secara online tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari yakni pada 18-20 Juli 2022. “Untuk pelaksanaannya diserahkan kepada sekolah masing-masing,” imbuhnya.

Meski dilakukan secara online Hanafi menegaskan materi pokok PLS akan tetap dapat diterima oleh siswa serta tidak mengurangi semangat pelaksanaan PLS.

Baca juga: Banjir di Pakansari, 284 Warga Terdampak

Hanafi mengatakan, bagi siswa lainnya yang tidak melaksanakan PLS akan masuk sekolah namun dibatasi kapasitasnya sebesar 50 persen. “Untuk SD, kemudian SMP dan SMA kelas 2 dan 3 masuk bergantian 50 persen,” tuturnya.

Maka dari itu ia mengimbau kepada setiap sekolah untuk mempersiapkan sarana prasarana sekolah agar disesuaikan dengan skenario Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa pandemi sebelumnya.

Baca juga: Toko Bangunan di Bojonggede Ludes Terbakar di Tengah Banjir 

Dirinya berharap kebijakan yang saat ini diambilnya akan membawa dampak positif untuk pelaksanaan PTM ke depannya.

“Mudah-mudahan situasi membaik, jadi situasi seperti ini hanya sebulan. Untuk kedepannya kita lihat kondisi nanti seperti apa. Sambil berjalan kita analisis,” tandasnya. (cr1)

Editor: Rang

Berita Lainnya