logo radar

Hari Anak Nasional Tingkat Kota Bogor Hadirkan Berbagai Penampilan dan Stand Pemenuhan Hak Anak

Pameran Bonsai
Istri Plh Wali Kota Bogor, Yantie Rachim saat meresmikan Pameran Bonsai di Alun-Alun Kota Bogor Senin (11/7/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kota Bogor direncanakan akan berlangsung di Taman Ekspresi dan Taman Kaulinan, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah pada 31 Juli mendatang.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor bersama dengan Forum Anak Kota Bogor (FANATOR), dan partisipan lainnya seperti BJB Kota Bogor, Bank Kota Bogor, PT Taspen, ChildFund Indonesia, serta warga Upadaya.

Baca juga: Inafis Bawa Tiga Koper dari Rumah Irjen Sambo

Peringatan HAN ini nantinya akan diisi dengan berbagai penampilan dan kegiatan. Mulai dari kesenian tari hingga bela diri Taekwondo. Pada acara ini juga akan diumumkan peserta yang berhasil menjadi juara dalam lomba jingle fabator.

Selain itu juga akan digelar lomba mewarnai untuk kategori usia 5-8 tahun dan 9-11 tahun yang akan bertempat di Taman Kaulinan.

Kepala DP3A Kota Bogor, Iceu Pujiati mengatakan peringatan HAN juga akan diisi dengan talkshow bertema isu anak. “Narasumbernya Bunda Forum Anak Daerah yaitu Ibu Wakil Walikota, Yantie Rachim dan saya sendiri,” tuturnya saat ditemui Radar Bogor pada Jum’at (15/7).

Baca juga: Viral! Pemotor Terobos Warga Lagi Tahlilan, Makanan Dilindas

Ia menambahkan, pada kesempatan tersebut juga akan menghadirkan audiensi penyampaian suara anak daerah kepada Walikota Bogor, Bima Arya.

Pada peringatan HAN tahun ini, Kota Bogor mengusung tema “Kuatkan Sinergi, Tingkatkan Prestasi, Untuk Kota Bogor Cemerlang”.

Iceu berharap gelaran peringatan HAN menjadi momentum pengkampanyean pemenuhan hak-hak dan perlindungan pada anak.

Baca juga: Viral! Pemotor Terobos Warga Lagi Tahlilan, Makanan Dilindas

“Contohnya hak hidup, tumbuh berkembang, hak berpartisipasi secara wajar sesuai harkat martabat kemanusian, serta hak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” paparnya.

Maka dari itu pada peringatan HAN tersebut juga akan menghadirkan 5 stand klaster pemenuhan hak anak. Di antaranya hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya, dan perlindungan khusus.

Sebanyak 5 tenda Organisasi Perangkat Daerah Kota Bogor akan memberikan pelayanan di antaranya Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus), serta DP3A.

Baca juga: Pemutihan Pajak Kendaraan Masih Dibuka, Catat Waktunya Jangan Sampai Terlewat

“Di sana nanti akan diberikan vitamin, dan suplemen penambah darah, sosialisasi mengenai administrasi sipil, pojok baca atau dongeng, mobil curhat, dan masih banyak lagi,” tutur Iceu.

Dirinya berharap kedepannya tidak ada lagi anak yang mengalami kekerasan dalam bentuk apapun. Oleh sebab itu dirinya mendorong seluruh pihak untuk turun berpartisipasi dalam pemenuhan hak-hak serta perlindungan pada anak.

Di samping peringatan HAN tingkat kota, Kota Bogor juga terpilih sebagai tuan rumah puncak peringatan HAN yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Acara tersebut akan berlangsung di Kebun Raya Bogor pada tanggal 23 Juli 2022 mendatang. (cr1)

Editor: Rany

Berita Lainnya