25 radar bogor

Gelar Senja, Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor Turunkan Bendera Sembari Atraksi

Sejumlah anggota Pramuka gelar senja di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor. Kamis (14/7/2022). Gelar senja merupakan upaya melestarikan permainan tradisional anak. foto : Hendi / Radar Bogor
Sejumlah anggota Pramuka gelar senja di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor. Kamis (14/7/2022). Gelar senja merupakan upaya melestarikan permainan tradisional anak. foto : Hendi / Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ribuan anggota pramuka berkumpul dan beraksi di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong pada Kamis,(14/7).

Rupanya, mereka tengah melaksanakan Gelar Senja yang akan digelar rutin setiap tanggal 14 di setiap bulan.

Gelar Senja sendiri ialah kegiatan penurunan bendera oleh gerakan pramuka yang kembali digiatkan setelah lama terhenti.

Baca juga: Pengangkatan PPPK Guru Honorer Memberatkan Pemkab Bogor

“Diwarnai penampilan atraksi pramuka, baris berbaris, atraksi terjun dari ketinggian, kebencanaan dan lainnya,” ucap Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor, Agus Ridho dalam kegiatan tersebut.

Agus mengatakan, Gelar Senja dilaksanakan setiap bulannya, bersamaan dengan kebijakan Pemkab Bogor yang mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenakan seragam pramuka setiap tanggal 14.

Sementara anggota pramuka yang terlibat terbagi ke dalam 5 wilayah Kwarcab Kabupaten Bogor.

Baca juga: Peran Perempuan Meningkat Dongkrak PDB Nasional

“Kita bagi kegiatan ini menjadi 5 wilayah, yang tampil hari ini dari 8 kecamatan dari wilayah 4 Cibinong Raya. Yang tampil sekitar 2000 anggota yang ikut dalam upacara penurunan bendera ini, nanti berurut acaranya,” jelas Agus yang juga Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor itu.

Atraksi yang ditampilkan pun bermacam-macam. Dari masing-masing pramuka di tiap kecamatan memiliki kreasi dan inovasi berbeda yang ditampilkan.

Untuk atraksi kebencanaan, lanjut Agus, seluruh anggotanya dibekali kemampuan tanggap bencana yang dibuktikan dengan keterlibatannya di setiap peristiwa bencana.

“Pramuka prinsipnya kami ada pramuka peduli, ini sudah ada di 40 kecamatan, makanya setiap ada bencana, di mana pun di wilayah Kabupaten Bogor, pasti pramuka tampil untuk membantu masyarakat, termasuk trauma healing,” tandasnya.(cok)

editor: Rany