25 radar bogor

Sehari 77 Kasus, Plh Wali Kota : Kenaikan Hampir 150 Persen!

Wakil Wali Bogor, Dedie A Rachim. Sofyan/Radar Bogor
Wakil Wali Bogor, Dedie A Rachim. Sofyan/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Kasus Covid-19 Kota Bogor saat ini kembali mengalami kenaikan. Rata-rata kenaikan kasus positif baru ini mencapai hingga 150 persen perharinya.

Kenaikan kasus Covid-19 di Kota Bogor sendiri mulai terjadi pada awal Juni 2022. Penambahan kasus baru mencapai 5 kasus perharinya.

Kemudian, penambahan kasus baru bertambah hingga 10-15 kasus perharinya di pertengahan bulan Juni.

Baca juga: Berikan Pelatihan, MID Ground Ajak Milenial di Kota Bogor Melek Politik

Puncaknya, penambahan kasus positif baru bertambah hingga 77 kasus perharinya pada Selasa (12/7).

Plh Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim tak menampik kasus warga Kota Bogor yang terpapar Covid-19 meningkat.

“Ya memang kondisi saat ini, perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bogor mengalami kenaikan hampir 150 persen,” kata Dedie, Rabu (13/7).

Baca juga: Melanjutkan Pemberdayaan Generasi Muda Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison Bawa Para Pemain IBL ke Sekolah di Indonesia

Meski begitu, diyakini Dedie A Rachim, masyarakat tidak perlu khawatir akan kenaikan kasus Covid-19 ini.

Karena, jumlah keterawatan pasien positif di Rumah Sakit belum menunjukan kenaikan yang signifikan.

“Meskipun penambahan cukup signifikan tapi dari data yang diperoleh juga tidak semuanya di rawat di RS, sebagian besar melakukan Isoman di rumah masing-masing,” ucap Dedie A Rachim.

Kemudian yang penting adalah fatality rate atau kasus kematian, juga relatif kecil, hanya 0,91 persen.

Saat ini, ditambahkan Dedie A Rachim, terpenting masyarakat mengikuti intruksi yang sudah dikeluarkan Presiden Joko Widodo, yakni tetap menggunakan masker saat beraktivitas baik di dalam maupun luar ruangan.

Baca juga: Pembangunan Blok 1 Dimulai, RSUD Kota Bogor Tambah Ruang Operasi dan ICU

“Dan juga melaksanakan booster untuk mereka yang belum, itu menjadi langkah-langkah preventif agar tidak terjadi lagi lonjakan-lonjakan kasus Covid di Kota Bogor,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno menyebut ada beberapa faktor penyebab kasus Covid-19 di Kota Bogor kembali mengalami kenaikan saat ini.

Diantaranya, karena adanya varian baru Covid-19 jenis BA.4 dan BA.5 yang masuk ke Indonesia hingga adanya pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan.

“Sebenarnya kalau di dalam ruangan tetap harus pakai masker sesuai edaran dari Presiden. Tetapi masyarakat tidak peduli, agak buka, ditambah mobilitas juga sudah mulai normal dan vaksin booster tidak jadi syarat perjalanan,” ungkap Retno saat ditemui di RSUD Kota Bogor.

“Sehingga dengan varian baru tetap menular. Nah itu menaikan kasus, meskipun level dan tingkat keparahannya saat ini tidak seperti dulu,” sambungnya.

Baca juga: Warga Bogor Gagalkan Pemuda asal Denpasar yang Nyaris Perkosa Ibu-ibu

Menurutnya, berdasarkan hasil tracing yang dilakukannya, ada tiga klaster yang menyebabkan kasus Covid-19 di Kota Bogor mengalami kenaikan.

Diantaranya, klaster dari luar kota, keluarga hingga kontak erat.

“Ketiga klaster itu. Dan kemarin dia tertularnya ada riwayat luar kota dan luar negeri. (Tapi) Gejalanya ringan semua,” ucap Retno.
Dirinya tetap mengimbau agar masyarakay tetap disiplin dan menerapkan prokes dan juga melakukan vaksin booster.(ded)