25 radar bogor

Pintu Keluar Tol Puncak Rencananya Ada Dua, di Sini Lokasinya

Ilustrasi pembangunan Tol Caringin-Cianjur
Ilustrasi pembangunan Tol Caringin-Cianjur

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Tol Puncak Caringin -guhung mas rencananya bakal memliki dua gerbang atau pintu keluar. Sejauh ini, opsi pintu keluar ada di dua titik, yaitu di Kecamatan Megamendung dan Gunung Mas Cisarua, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Lebih Realistis, Tol Puncak Masuk Tahapan Pra Studi Kelayakan

“Jadi nantinya, ada dua pintu keluar Tol Puncak ini. Rencananya di Megamendung dan Gunung Mas,” kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Rabu (13/7/2022).

Lanjut Iwan, perihal Tol Puncak Caringin-Gunung Mas ini, pemda diminta untuk membantu dalam mengarahkan jalurnya.

“Iya, jadi pemda diminta untuk membantu dalam mengarahkan jalurnya. ini juga tidak keluar dari jalur bisnis, jadi tidak usah khawatir untuk jalur utamanya akan sepi,” paparnya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi memaparkan, belum lama ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama dengan Komisi V DPR RI melakukan kajian untuk memilih titik yang digunakan untuk pintu keluar jalan Tol Puncak, Bogor.

Dimana penentuan titik keluar ini nantinya akan mengacu pada aspek sosial, ekonomi atau finansial, dan lingkungan.

“Saat ini tahap pra feasibility study (FS) dari Caringin ke Megamendung atau Cisarua, lalu ke Gunung Mas hingga Cianjur,” katanya kepada Radar Bogor Rabu (13/7/2022).

Baca Juga : Pro Kontra Tol Puncak, APJ: Bisa Mematikan Ekonomi Warga Puncak

Mulyadi memaparkan, dirinya akan terus mengawal mega proyek Tol Puncak Caringin-Gunung Mas ini agar bisa terealisasi. “Ini menjadi solusi kemacetan di jalur utama Puncak. Kita akan terus kawal ini,” tukasnya.

Untuk diketahui, Tol Puncak ini direncanakan akan dibangun sepanjang 18 kilometer. Tol ini merupakan pembangunan shortcut Jalan Tol Caringin – Cianjur merupakan salah satu upaya memberikan solusi terkait permasalahan kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Puncak-Bogor. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep