25 radar bogor

Jokowi Minta Zulhas Fokus Urus Harga Minyak Goreng

Presiden Jokowi soal sanksi FIFA
Foto Presiden Jokowi

SUBANG-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju untuk fokus bekerja. Pernyataan ini merespons viralnya video Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yang mengkampanyekan anaknya saat membagi-bagikan minyak goreng bermerk Minyakita.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja, kalau Menteri Perdagangan (Mendag) urus yang paling penting, seperti yang saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng berada di Rp 14.000 atau di bawah Rp 14.000,” kata Jokowi di sela-sela melakukan kunjungan kerja ke Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7).

Kepala negara meminta Mendag fokus mengurus harga minyak goreng di tengah masyarakat. Utamanya, lanjut Jokowi, terkait harga minyak goreng curah agar harganya tidak lebih dari Rp 14.000.

Baca juga : Harga LPG Ukuran Ini Naik Lagi, Tiap Wilayah Beda. Berikut Daftar!

“Yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya Rp 14.000 atau di bawahnya,” ucap Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini berujar, jika di luar wilayah Pulau Jawa masih ada minyak goreng yang harganya di atas Rp 14.000 per liter, pihaknya akan terus berusaha menstabilkan harga minyak goreng. Jokowi mengaku, dirinya pun sengaja mengunjungi langsung ke pasar, salah satunya untuk menstabilkan harga minyak goreng.

“Kalau di luar Jawa ada yang masih di atas Rp 14.000 satu persatu akan kita selesaikan,” tegas Jokowi.

Baca juga : Hasto Kristiyantop Sindir Elite Parpol yang Lagi Bermanuver Capres-Capresan

Oleh karena itu, Jokowi meminta jajarannya di Kabinet Indonesia Maju untuk fokus menyelesaikan tugasnya masing-masing. Terlebih, soal pangan dan energi harus menjadi fokus pemerintah.

“Semuanya harus fokus bekerja, utamanya yang berkaitan dengan energi dan pangan ini penting, ini saya urus terus, urusan yang berkaitan dengan BBM yang berkaitan dengan energi batu bara semuanya. Karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan, sehingga kita harus konsentrasi dan jangan terpleset di dua bidang ini,” imbuh Jokowi.

Sebagaimana diketahui, beredar sebuah video Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membagikan minyak goreng bermerk Minyakita secara gratis dalam acara PAN-SAR Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung.

Baca juga : Indonesia Lewat G20 Siap Dorong Permodalan UMKM

Dalam potongan video yang beredar, Zulhas yang juga Ketua Umum PAN itu tampak disambut meriah oleh warga setempat. Adapun kedatangannya diketahui untuk meninjau kondisi harga minyak goreng di pasaran.

Minyak goreng curah yang diperjualbelikan saat itu dengan harga Rp 10.000 untuk 2 liter. Namun, Zulhas meminta warga yang datang untuk membeli tak perlu membayar. Sebab minyak tersebut akan dibayar oleh anaknya Futri Zulya Savitri. (jpg)

Editor : Yosep/Aulia-KKL