25 radar bogor

Meski Gagal di AFF U-19, PSSI Puji Permainan Timnas

PSSI soal Piala Dunia U-20 Indonesia batal
PSSI soal Piala Dunia U-20 Indonesia batal

RADAR BOGOR, Shin Tae-yong gagal membawa skuadnya lolos dari fase grup di Piala AFF U-19 2022. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih tim nasional U-19 Indonesia aman dan memuji performa permainan timnas pada AFF U-19.

”Shin masih terus (melatih) karena kami melihat perkembangan anak-anak luar biasa,” ujar Iriawan seperti dilansir dari Antara di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7) malam.

Menurut Irawan, meski tak lolos ke semifinal, timnas U-19 menunjukkan performa bagus di Piala AFF U-19 2022. Selain itu, tim asuhan Shin juga dianggap cukup tangguh  dalam menjaga kondisi fisik ditengah jadwal padat. ”Di luar dugaan, ketika pemain cadangan dimainkan, ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain inti. Berarti Shin betul-betul mempunyai talenta luar biasa. Anak-anak juga memiliki chemistry (ikatan emosional) dengan dia,” tutur Iriawan.

Akan tetapi, torehan apik tak cukup untuk mengantarkan Indonesia ke semifinal karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand. Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 yang membuat Vietnam keluar sebagai juara grup dan Thailand peringkat kedua Grup A.

Baca juga:Bukan Punya Ayu Ting Ting Karaoke di Bengkulu, Ini Pemilik Aslinya

PSSI terganggu dengan skor seri tersebut karena menganggap Vietnam dan Thailand bertanding tanpa niat mencetak gol setelah kondisi sama kuat. Padahal, andai Vietnam dan Thailand saling mengalahkan, Indonesia akan mengunci satu tempat di semifinal karena pada saat bersamaan, skuad Garuda Nusantara mengandaskan Myanmar 5-1.

”Untuk kelolosan ke semifinal, memang ada regulasi yang mengatur. Namun apa yang dilakukan Vietnam dan Thailand seharusnya tidak boleh mengingat mereka tim besar,” ucap Iriawan.

Tim nasional U-19 Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 5-1 pada laga pamungkas Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7) malam. Indonesia tak dapat ke empat besar lantaran pertandingan terakhir lain Grup A yakni Vietnam versus Thailand berakhir imbang 1-1. Indonesia kalah head to head dari dua tim tersebut.

Dengan demikian, dua tim terbaik Grup A yang menyegel tempat di semifinal adalah Vietnam sebagai juara grup dan Thailand di peringkat kedua. Terakhir kali Garuda Nusantara gagal lolos dari fase grup Piala AFF U-19 terjadi pada 2016.

Adapun gol-gol Indonesia dicetak oleh Muhammad Ferarri (dua gol), Arkhan Fikri, Rabbani Siddiq, dan Ronaldo Kwateh. Myanmar memperkecil kedudukan via La Min Htwe. (jpg)

Editor: Yosep/Ruli-KKL