Kota Ambon Dilanda Banjir, Satu Orang Meninggal

Ilustrasi banjir Jakarta
Ilustrasi banjir Jakarta

AMBON – RADAR BOGOR, Banjir kembali melanda beberapa kecamatan di Kota Ambon, Provinsi Maluku, sejak Jumat (8/7). Sebelumnya banjir telah terjadi di kecamatan yang sama pada tiga hari yang lalu.

Baca Juga : Pasca Banjir Bandang, Ratusan Warga Purasari Lewiliang Kesulitan MCK

“Kali ini satu warga kota setempat menjadi korban. BPBD Kota Ambon melaporkan korban jiwa terjadi di Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau,” kata Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/7).

Selain korban jiwa, sebanyak 3.126 warga terdampak. Namun, BPBD setempat memastikan tidak ada pengungsian warga.

Banjir ini setidaknya merendam 783 rumah dan 1 unit fasilitas pendidikan. “Genangan dengan tinggi muka air 50-80 cm mengakibatkan akses jalan berbahaya dilalui kendaraan. Kondisi tersebut juga mengganggu aktivitas masyarakat,” imbuhnya.

Wilayah kecamatan terdampak yaitu di Kecamatan Sirimau, Teluk Ambon, Nusaniwe, dan Baguala. Di Kecamatan Sirimau, sebanyak enam kelurahan yang terendam banjir yaitu Kelurahan Amantelu, Batu Meja, Batu Merah, Batu Gajah, Karang Panjang, dan Hative Kecil.

Baca Juga : Oknum TNI AD Diduga Jual Amunisi, Perbutir Rp 200 Ribu

Sedangkan di Kecamatan Baguala dilaporkan terjadi di Kelurahan Halong Batu, Passo, Negeri Lama, dan Waiheru. Kemudian di Kecamatan Teluk Ambon, banjir terjadi di Kelurahan Hunuth.

Sedangkan di Kecamatan Nusaniwe, banjir berlangsung di Kelurahan Amahusu. “Peristiwa banjir tersebut terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi dan berdurasi lama mengguyur wilayah Kota Ambon,” pungkas Abdul. (jpg)

 

Editor : Yosep/Yuli-KKL

 

 

 

Berita Lainnya