logo radar

Hanya Satu Tahap, Hasil Seleksi PPDB SMP Telah Keluar

PPDB SMP Jalur Zonasi
PPDB SMP Jalur Zonasi di SMPN 3 Kota Bogor, Selasa (5/7/2022). REKA/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Bogor, tingkat SD dan SMP telah keluar.

Di SMPN 2 Cibinong, dari sekitar 1.400 pendaftar, 396 siswa berhasil lolos ke sekolah yang berada di Jalan KSR Dadi Kusmayadi, Sukahati, Cibinong itu.

Baca juga: Ikuti Ajang GenRe 2022, Mahasiswa Polbangtan Kementan Sabet Berbagai Juara

“Yang diterima sesuai dengan kapasitas kami, 11 kelas untuk 36 siswa di tiap kelas, jadi total yang lolos 396 siswa,” ungkap Wakil Kepala SMPN 2 Cibinong, Eris Riswandar kepada Radar Bogor, Senin (11/7/2022).

Menurutnya, dari sekitar 1.400 calon peserta didik yang mendaftar melalui online, sejak 4 hingga 8 Juli kemarin, hanya sekitar 700 yang melakukan verifikasi ke sekolahnya.

Sedangkan 396 siswa yang telah lolos merupakan hasil seleksi di jalur afirmasi, prestasi, zonasi dan perpindahan orang tua.

Baca juga: Sadulur Salembur Bagikan 11 Ekor Kambing di Bogor Utara

“Untuk PPDB, semua sekolah negeri di SMP tidak dua tahap, tidak seperti di SMA, di SMP hanya satu tahap dari tanggal 4 – 8 Juli,” jelas Eris.

Untuk jalur zonasi, lanjut Eris, menampung 50 persen dari kuoat sekolahnya. Sementara selebihnya seperti afirmasi 15 persen, prestasi 20 persen, kejuaraan 10 persen dan perpindahan orang tua 5 persen.

“Karena jalur zonasi basisnya zona, jadi menggunakan KK, tapi untuk yang sudah tinggal lama di sekitar sekolah, padahal KK masih di Jakarta misalnya, boleh memakai domisili,” imbuhnya.

Baca juga: 2.000 Hewan Kurban di Potong di Puncak, Ada Titipan Artis Hingga Pejabat!

Sementara itu, di SDN Padurenan Jaya, Cibinong, dari 96 calon peserta didik yang mendaftar, telah dilolos 80 anak.

“Kami hanya dua kelas, karena keterbatasan guru dan ruang kelas,” tukas Kepala SDN Padurenan Jaya, M Yusuf.(cok/mg1)

Editor: Rany

Berita Lainnya