25 radar bogor

Sapi Ganteng, Pusat Perhatian Warga, Begini Penampakannya

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Sapi ganteng. Badannya besar. Kekar. Warnanya coklat. Kakinya empat. Sapi itu berjenis Limosin. Bobotnya setengah ton.

Sapi itu ditarik dua orang bertubuh kekar pula. Sapi ganteng ini menjadi pusat perhatian saat Hari Raya idul adha di Desa Sukamaju, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (10/7/2022).

Baca juga: Berlebihan Mengonsumsi Daging Kambing Saat Idul Adha, Ini Efeknya!

Bukan saja bobotnya yang besar nan kekar. Sapi itu didandani sedemikian rupa. Diatas kepalanya disematkan mahkota dari pita yang disusun sedemikian rupa.

Lehernya, dikalungi pita dengan liontin ketupat. Badannya ditutupi kain. Dibelakangnya dipadati masyarakat juga kelompok rebana. Dentuman alat musik itu menghantar sapi ganteng itu keliling kampung.

Baca juga: Gegara Ini, Mobil Bawa Hewan Kurban Terguling

Ya, arak-arakan juga mendandani sapi yang akan dikurbankan di Desa Sukamaju itu bukan kali pertama. Hal itu sudah tradisi dari tahun ke tahun.

“Ini sudah tradisi setiap tahun,” kata Kepala Desa Sukamaju, Alex Purnama Johan kepada Radar Bogor Minggu (10/7/2022).

Kades yang akrab disapa APJ itu menuturkan, hanya salah satu sapi yang akan dikurbankan diarak keliling kampung dengan penuh pernak pernik.

Baca juga: Idul Adha, Caleg Ramai-ramai Bagikan Daging Kurban di Puncak

“Tidak semua hewan kurban. Jadi simbolis saja. Satu yang kita dandani dan kira bawa keliling,” paparnya.

Adapun untuk total hewan kurban, APJ menuturkan ada 9 ekor.

“Empat ekor kita potong disini, lima ekor kita sebar di beberapa titik,”tukasnya.

Baca juga: Plt Bupati Minta Masyarakat Tidak Takut Makan Daging Hewan Kurban

Sementara itu, Camat Megamendung, Acep Sajidin mengatakan, tradisi ini sudah terjadi bertahun tahun. Ini bagian dari menyenangkan hewan kurban sebelum disembelih.

“Ini sudah menjadi tradisi. Dengan ini masyarakat bisa melihatnya. juga jadi tontonan bagi masyarakat khususnya anak anak di sana,”tandasnya. (all)

Editor: Rany