logo radar

Besok, Muhammadiyah Kota Bogor bakal Laksanakan Salat Ied di Lapangan Sempur

BOGOR-RADAR BOGOR, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Bogor akan melaksanakan salat Idul Adha 2022, yang dipusatkan di Lapangan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah pada Sabtu (9/7) besok.

Pelaksanaan salat Idul Adha sendiri rencananya akan dihadiri sekaligus diimami langsung pimpinan MUI Pusat. Yakni Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat KH Dr Muhyiddin Junaidi.

Sekjend Pemuda Muhammadiyah Kota Bogor, Navis Aulia Rahman mengatakan, kegiatan salat Idul Adha yang mengusung tema Keteladanan Nabi Ibrahim AS dalam memimpin umatnya itu akan dilaksanakan mulai pukul 06:30 WIB.

Baca juga: Izin PUB Dicabut Kementerian, Begini Kondisi Kantor ACT Cabang Bogor

“Betul. KH Muhyiddin akan berlaku sebagai imam dalam kegiatan solat Idul Adha besok (Sabtu),” kata Navis kepada wartawan, Jumat (8/7).

Dijelaskannya, untuk pelaksanaan solat Idul Adha 2022, PD Muhammadiyah Kota Bogor hanya memusatkan kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sempur saja.

Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan solat Ied ini, dianjurkan sudah dalam kondisi berwudhu dari rumah, membawa alas solat, membawa plastik untuk tempat sandal serta tetap menjaga protokol kesehatan.

Baca juga: Nikmati Kreasi Menu Pasta Fiesta di The Botanica Senctuary

“(Solat Idul Adha) ini terbuka untuk umum, bukan hanya bagi warga Muhammadiyah,” tandas Navis.

Sebelumnya, pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriyah tahun 2022 di Kota Bogor akan dilaksanakan di dua tempat berbeda, pertama pada Sabtu, (9/7) yang berlangsung di Lapangan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Sedangkan pelaksanaan salat Idul Adha kedua dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada Minggu (10/7) di Masjid Raya Bogor, Kecamatan Bogor Timur.

Baca juga: Gerbang SMAN 1 Rancabungur Ditembok, Disdik : Kedua Sekolah Sering Berselisih 

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim mengatakan, perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha antara Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah merupakan perbedaan yang harus dihormati.

“Kami sudah menerima surat dari DPC Muhammadiyah Kota Bogor untuk melaksanakan salat Idul Adha di Sempur pada Sabtu (9/7), sementara pemerintah Kota Bogor sesuai arahan pemerintah pusat kita akan melaksanakan pada Minggu (10/7),” kata Dedie usai menghadiri Puncak Hut Bhayangkara ke-76 di Mapolresta Bogor Kota, Senin (5/7).

Dedie mengaku sudah mengkonsolidasikan terkait dengan pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriah dengan berbagai pihak termasuk Forkopimda Kota Bogor.

“Pada prinsipnya tidak ada masalah. Insya Allah kita akan berkoordinasi dengan MUI, dan sebagainya,” ungkap Dedie.

Baca juga: Leuweung Geledegan Ecolodge Gelar Event Seru Buat Gamers, Buruan Daftar

Dalam kesempatan itu, Dedie juga memastikan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, khususnya saat menghadapi pelaksanaan Idul Adha di tengah penyebawan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak.

“Bagaimana masyarakat dapat membeli hewan kurban yang sehat, jadi ini permasalahan yang harus diselesaikan dalam waktu singkat supaya tidak ada kerisauan khususnya pada pelaksanaan kurban,” imbuhnya.(ded)

Editor: Rany

Berita Lainnya