25 radar bogor

Beri Apresiasi Pada Mitra, LPPOM MUI Helat Penganugerahan Halal Award 2022

BOGOR-RADAR BOGOR, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar acara Penganugerahan Halal Award 2022 di IPB International Convention Center, Kecamatan Bogor Tengah, Kamis (7/7/2022).

Direktur Utama LPPOM MUI, Muti Arintawati mengatakan, kegiatan penganugerahan dilaksanakan sebagai bentuk penghargaan kepada perusahaan mitra LPPOM MUI yang telah konsisten menjalankan prinsip-prinsip jaminan halal dengan sangat baik.

Sebanyak 3 nominasi diberikan LPPOM MUI pada Penganugerahan Halal Award tahun ini. Di antaranya ialah Best of Halal Assurance System (HAS) Implementation, Best of New Comer Halal Certified Company, dan Favorite Halal Brand.

Baca juga: Airlangga Apresiasi Kinerja Pelaku Industri Sektor Keuangan

“Untuk nominasi Best of HAS Implementation, kriteria penilaian didasarkan pada konsistensi implementasi sistem jaminan halal (SJH) dan dan kecepatan waktu penyelesaian proses sertifikasi halal,” ujarnya.

Terdapat delapan sub kategori dalam nominasi tersebut, di antaranya manufacture, rumah potong hewan (RPH), restoran, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), perusahaan luar negeri, retailer, barang gunaan, dan farmasi.

“Pada nominasi Best of New Comer Halal Certified Company, kriteria penilaian juga didasarkan pada kualitas impelementasi SJH dan kecepatan waktu penyelesaian proses sertifikasi halal,” terangnya.

Baca juga: Imbas Wabah PMK, Penjualan Sapi Kurban di Kota Bogor Menurun

Sebanyak lima sub kategori dalam nominasi ini, yakni manufacture, RPH, restoran, UMKM, dan perusahaan luar negeri. “Kedua nominasi ini dinilai tim juri internal LPPOM MUI,” imbuhnya.

Sedangkan pada nominasi Favorite Halal Brand kriteria penilaian didasarkan pada kualitas implementasi jaminan halal untuk selanjutnya dilakukan voting melalui kanal media sosial LPPOM MUI.

“Voting tersebut melibatkan lebih dari 100 ribu pemilih. Terdapat 5 sub kategori yakni food ritel, kosmetik, beverage, restoran, dan food restoran,” ucap Muti.

Dirinya menegaskan penentuan nomine dilakukan oleh komite penilai independent yang mengedepankan asas objektivitas dan suportivitas.

“Kami ucapkan selamat pada para pemenang. Semoga penghargaan ini bisa meningkatkan motivasi perusahaan untuk terus mengimplementasikan prinsip jaminan halal secara optimal dengan perbaikan sistem yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Baca juga: Ingin Tahu Sisi Lain Berita 20 Jurnalis ? Yuk Baca Buku Di Balik Tajamnya Pena

Muti mengatakan sertifikat halal bukan hanya untuk pemenuhan regulasi saja, lebih dari itu ia menegaskan sertifikat halal menjadi tanggung jawab produsen terhadap kebutuhan konsumen.

“Ini juga dapat menambah nilai tambah pada mutu perusahaan karena dapat memberikan kepercayaan dari konsumen,” tandasnya.

Ketua Dewan Pengawas LPPOM MUI, Sholahuddin Al Aiyub dalam sambutannya menjelaskan sertifikasi dilakukan untuk melindungi umat islam, karena bisa mengkonsumsi yang sudah diyakini kehalalannya.

“Industri menjadi pilar penting halal. Dengan kesadaran industri mereka harus menginvestasikan lebih untuk memenuhi kepatuhan prinsip kehalalan. Tapi yakinlah dengan itu akan ada keberkahan,” jelasnya.

Melalui apresiasi yang diberikan dalam kegiatan tersebut, dirinya berharap dapat memotivasi lebih banyak perusahaan untuk melakukan kepatuhan pada prinsip kehalalan. (cr1)

Daftar Pemenang LPPOM MUI Halal Award 2022 sebagai berikut :

1. Best of HAS Implementation

Sub kategori Manufacturer : PT. Unilever Indonesia Tbk
Sub kategori Abattoir : PT. Sreeya Sewu Indonesia Tbk
Sub kategori Restaurant : PT. Bumi Berkah Boga
Sub kategori Small & Medium Enterprise : CV. Kaf Bogarasa
Sub kategori Overseas Company : Procter and Gamble Manufacturing
Sub kategori Retailer : PT. Matahari Putra Prima Tbk
Sub kategori Pharmaceutical Industry : PT. Pratapa Nirmala
Sub kategori Consumer Goods Industry : PT. Wings Surya

2. Best Newcomer of Halal Certified Company

Sub kategori Manufacturer : PT. Intan Sejati Andalan
Sub kategori Abattoir : CV. Tiga Selaras Makmur Bersama
Sub kategori Restaurant : PT. Pelepas Dahaga Indonesia
Sub kategori Small & Medium Enterprise : CV. Herbindo Persada
Sub kategori Overseas Company : Pepsi-Cola (Thai) Trading Co., Ltd.

3. Favorite Halal Brand

Sub kategori Food Retail : INDOMIE dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
Sub kategori Cosmetic : ORIFLAME dari PT. Orindo Alam Ayu
Sub kategori Coffee & Tea House : CHATIME dari PT. Foods Beverages Indonesia
Sub kategori Food Restaurant : McDonald’s dari PT. Rekso Nasional Food

Editor: Rany