25 radar bogor

Tanggal Lebaran Berbeda, MUI Kota Bogor Angkat Bicara

Ilustrasi pengamatan hilal sebelum sidang isbat penetapan 1 Syawal.
Ilustrasi pengamatan hilal sebelum sidang isbat penetapan 1 Syawal.

BOGOR-RADAR BOGOR, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor angkat suara terkait adanya perbedaan pelaksanaan salat Idul Adha 2022 antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

Pemerintah sendiri menetapkan 1 Dzulhijah 1443 jatuh pada Minggu (10/7/2022), sedangkan Muhammadiyah pada Sabtu (9/7/2022).

Ketua MUI Kota Bogor, KH Tb Muhyidin mengatakan, sebenarnya adanya perbedaan pelaksanaan salat Idul Adha ini sudah biasa terjadi di Indonesia.

Untuk itu, agar umat Muslim tidak bingung dengan adanya perbedaan ini, masyarakat dipersilahkan untuk menunaikan salat Idul Adha 2022 baik di 9 Juli atau 10 Juli.

Baca juga: Dorong Lokal Pride Kota Bogor, Puncak Mulyaharja Fest Suguhkan Fashion Show 60 Busana Ciamik

“Sudah jadi biasa bagi umat Islam. Itu natural hukum alamnya seperti itu. Ada yang melakukan penghitungan pakai hisab dan yang lainnya,” kata pria yang akrab disapa Kyai Muh, Selasa (5/7/2022).

Baginya, hal itu sudah terbiasa dengan perbedaan, dan menjadi Sunatullah berjalan dalam agama Islam.

“(Intinya) Kalau kita dari seluruh organisasi yang ada baik Muhammadiyah atau Nahdliyin mempersilahkan mau 9 Juli atau 10 Juli, yang penting salat Idul Adha dilaksanakan dengan khusyuk, nyaman dan tenang,” tutupnya.(ded)

Editor: Rany