25 radar bogor

Giliran Mobil di Atas 2.000 cc Dilarang Beli Pertalite

Ilustrasi BBM pertalite
Ilustrasi BBM pertalite

JAKARTA-RADAR BOGOR,  Aturan pembatasan BBM bersubsidi, khususnya pertalite masih digodok pemerintah.  Salah satu yang masuk kriteria pembatasan adalah mobil di atas 2.000 cc.

Baca Juga : Sepeda Motor Jenis Ini Dilarang Beli Pertalite, Apa Saja?

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman mengonfirmasi adanya wacana tersebut. ’’Saat ini, dari hasil kajian kami, pertalite bagi mobil di atas 2.000 cc (dibatasi),’’ ujarnya Senin  (4/7/2022).

Meski begitu, wacana itu belum final. Sebab, hingga kini, payung hukumnya sedang dalam tahap finalisasi. Pemerintah tengah merevisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191/ 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM.

Jika aturan itu rampung, nanti akan diperinci siapa-siapa saja yang berhak dan tidak berhak menikmati BBM bersubsidi. Rencananya, revisi tersebut rampung pada Agustus 2022.

Saleh mengimbau masyarakat agar melakukan pendaftaran kendaraannya ke MyPertamina. Meski belum menjelaskan secara spesifik indikator pembatasan mobil di atas 2.000 cc untuk membeli pertalite, Saleh menyebut hal itu sebagai anjuran agar kendaraan berkubikasi besar mengonsumsi jenis BBM yang lebih ramah lingkungan.

’’Konsumsi (kendaraan) 2.000 cc ke atas itu besar juga bagi mobil-mobil lux (mewah). (Mobil-mobil itu) dianjurkan juga oleh pabrikan untuk mengonsumsi BBM dengan oktan tinggi yang lebih bersih,’’ jelasnya.

Dalam sebuah kesempatan baru-baru ini, Saleh menyebutkan bahwa pembelian solar akan dibatasi bagi seluruh kendaraan pribadi pelat hitam. Namun, pembelian solar masih bisa dilakukan untuk kendaraan pribadi dengan bak terbuka.

Sebagai catatan, dalam revisi perpres yang tengah berlangsung, turut dipertimbangkan fungsi ekonomi dari tiap kriteria kendaraan bagi masyarakat.

’’Kami mendapat masukan bahwa masih banyak kendaraan roda empat bak terbuka yang mengangkut pasir atau usaha kecil-kecil lainnya di kampung-kampung. Kalau dibatasi akan sangat menyulitkan,’’ katanya.

Di sisi lain, transportasi umum dan angkutan barang dengan pelat kuning masih diberi akses untuk membeli solar. Alasannya, dua jenis angkutan itu berkontribusi pada kegiatan perekonomian dan sosial masyarakat.

Baca Juga : Catat! Mulai 1 Juli Besok, Beli Pertalite Harus Daftar, Gini Caranya

Pertamina mencatat,  60 persen warga yang menikmati BBM bersubsidi termasuk golongan kaya. ’’Golongan kaya ini mengonsumsi hampir 80 persen dari total konsumsi BBM bersubsidi,’’ terang Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting Kamis (30/6).

Sementara itu, 40 persen masyarakat rentan dan miskin hanya mengonsumsi 20 persen dari total subsidi energi.

Terkait wacana pembatasan penggunaan pertalite dan solar untuk mobil 2.000 cc ke atas, pelaku industri otomotif memprediksi bahwa hal itu dalam jangka pendek belum memengaruhi penjualan secara signifikan di segmen tersebut. (jpg)

Editor : Yosep