25 radar bogor

Bantu PMI, Jamaah DKM Baitul Ihsan Ciparigi Donor Darah

DKM Baitul Ihsan
Kegiatan donor darah DKM Baitul Ihsan, Perumahan Villa Bogor Indah Blok DD6, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu (3/7/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, DKM Baitul Ihsan, Perumahan Villa Bogor Indah Blok DD6, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor mengadakan aksi sosial donor darah di pelataran masjid, Minggu (3/7/2022).

Baca Juga ; Hari Donor Darah Sedunia, RS Azra dan PMI Kompak Kumpulkan Puluhan Kantong Darah

Aksi donor darah itu dilakukan untuk membantu persediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor.

Ketua Panitia Donor Darah Rhoma Dhona Mirda mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan DKM Baitul Ihsan merupakan rangkaian menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H.

Dari total 30 jamaah DKM Baitul Ihsan yang mendaftar, hanya 20 warga Perumahan Villa Bogor Indah Blok DD6 yang memenuhi syarat untuk melakukan donor darah.

“Kegiatan donor darah bekerja sama dengan UDD PMI kota Bogor,” kata Dhona-sapaanya, Senin (4/7/2022).

Dhona mengatakan, kebutuhan kantung darah saat ini kembali meningkat meski kondisi pandemi Covid-19 yang sudah mereda. Oleh karenanya, DKM Baitul Ihsan berinisiatif melakukan kegiatan yang produktif namun bermanfaat.

“Agenda donor darah sebenarnya menyambut Idul Adha diawali donor darah massal, lalu ada salat Ied dan pemotongan hewan kurban,” katanya.

Adapun hewan kurban yang terkumpul saat ini sudah ada 6 ekor sapi, dan 5 ekor kambing, dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah.

“Insya Allah akan bertambah dari jamaah masjid Baitul Iksan yang nanti akan di bagikan di lingkungan masjid di RT 3/RW 13 Villa Bogor Indah dan daerah Kelurahan Pasir Jambu,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DKM Baitul Ihsan Ajat Jatnika mengapresiasi kegiatan donor darah yang mendapatkan respon positif dari jamaah, dan warga Perumahan Villa Bogor Indah.

Baca Juga : Hari Donor Darah Se-dunia, Harris Hotel Sentul Kumpulkan 150 Kantong Darah

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, meskipun perdana ke depan bakal menjadi agenda rutin DKM Baitul Ihsan,” ucapnya.

Dirinya berharap peserta kegiatan donor darah lebih banyak, selain membuat lebih sehat ada hal lain yang lebih penting yakni berkontrobusi dalam pemenuhan stok darah di Kota Bogor.

“Setiap harinya kebutuhan kantung darah itu selalu ada. Minimal, dengan kegiatan donor darah dapat menyelamatkan nyawa yang sangat membutuhkan transfusi darah,” tukasnya. (ded)

Reporter : Dede
Editor : Rany