25 radar bogor

Perjuangkan Legalisasi Ganja Medis, Santi Warastuti Nangis di DPR

RADAR BOGOR, Nama Santi Warastuti viral, setelah menyuarakan legalisasi ganja medis untuk kesembuhan anaknya yang menderita cerebral palsy (lumpuh otak).

Dia bersama kuasa hukumnya, Singgih Tomi Gumilang diundang dalam rapat dengar pendapat umum Komisi III DPR RI, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Grand Final Putera-Puteri Kesenian Remaja Indonesia, Kalimatan Timur Jadi Juara

Santi optimistis pemerintah dan DPR segera menerbitkan aturan terkait penggunaan ganja untuk keperluan medis.

“Optimis, tapi harus sabar, harus menunggu kebijakan dari pemangku kebijakan,” kata Santi kepada wartawan seusai RDPU di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Kejuaraan Sepatu Roda Bogor Open 2022, 560 Atlet Berebut Piala Wali Kota

Selama rapat berlangsung, sejumlah anggota Komisi III DPR RI yang hadir tidak menunjukkan tanda-tanda kontra dengan wacana legalisasi ganja medis.

Beberapa kali Santi juga tampak berlinang air mata selama rapat.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Mahesa mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan masukan legalisasi ganja medis dalam proses revisi Undang-undang tentang Narkotika yang saat ini masih bergulir di parlemen.

Baca juga: 7 DPC Ikatan Keluarga Minangkabau Resmi Dilantik

Dia menyebutkan seluruh masukan dari perspektif kesehatan, pengawasan, dan penegakan hukum bersama pemerintah akan dipertimbangkan.

Desmond menyebutkan apabila masukan itu telah dikaji dan diteliti secara komprehensif dan mendapat persetujuan bersama, Panja RUU Narkotika DPR RI akan mempertimbangkan mengeluarkan tanaman ganja dari daftar narkotika golongan I.

“Akan disesuaikan dengan penggolongannya secara lebih tepat, sesuai dengan mekanisme ketentuan perundang-undangan,” kata Desmond. (*)

Editor: Rany