25 radar bogor

Edukasi Wasir Pada Ibu Hamil, RS Mulia Gelar Seminar 

Wasir
RS Mulia Pajajaran Bogor pun menggelar seminar bertajuk "Edukasi Wasir Pada Ibu Hamil", Kamis (30/6/2022).

BOGOR – RADAR BOGOR, Penyakit hemoroid atau wasir masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Rasa sakit yang ditimbulkan penyakit ambeien ini juga membuat penderitanya merasa tidak nyaman saat beraktivitas sehari-hari.

Baca Juga : Pustakawan Kota Bogor Raih Prestasi Terbaik Tingkat Provinsi

Stigma pengobatan wasir yang akan menimbulkan rasa sakit membuat para penderitanya takut. Padahal wasir justru akan memberikan dampak buruk apabila dibiarkan terus-menerus. RS Mulia Pajajaran Bogor pun menggelar seminar bertajuk “Edukasi Wasir Pada Ibu Hamil”, Kamis (30/6/2022).

Dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Mulia Pajajaran Bogor, Khrisna Pradana Pranata menjelaskan, risiko penyakit wasir pada wanita khususnya ibu hamil menunjukkan angka yang cukup tinggi yakni 25-35 persen. Sedangkan pada pria pada angka 20 persen. Kondisi ini tentu akan memberatkan bagi ibu hamil saat proses melahirkan secara normal.

“Penyakit wasir memang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Pada ibu hamil yang akan melahirkan secara normal tentu akan sangat memberatkan. Rasa nyerinya akan bertambah dan khawatir menyebabkan komplikasi pendarahan di hemoroidnya. Namun banyak penderita wasir yang malu untuk berkonsultasi,” ungkap lelaki yang juga Komisaris PT Pradana Anugrah Mulia ini.

RS Mulia Pajajaran Bogor bekerja sama dengan Vena Wasir Center telah manghadirkan solusi dari segala permasalahan wasir. Dokter Spesialis Bedah RS Mulia Pajajaran Bogor, Andri Mulia menjelaskan, ada tiga metode tindakan yang tersedia dalam mengatasi penyakit wasir itu yakni pila, radiofrekuensi, dan laser hemorrhoidoplasty.

Baca Juga : Bima Arya Paparkan Inovasi Pelayanan Publik e-SPPT PBB-P2 Kota Bogor

Ia memaparkan, tindakan pila dapat dilakukan pada penyakit wasir dengan derajat 1-2. Sedangkan pada tindakan radiofrekuensi dan laser hemorrhoidoplasty tingkat keparahan yang dapat diatasi pada derajat 1-4. “Dengan tindakan-tindakan ini rasa nyeri yang ditimbulkan sangat minim bahkan pada tindakan laser tidak ada rasa nyeri sama sekali. Karena tidak ada tindakan pemotongan sama sekali,” terangnya.

Vice President Business Development Mahdian Group, Imam Rulliawan menyebutkan, pasien tidak perlu khawatir melakukan pengobatan wasir di RS Mulia karena harganya yang terjangkau. Tindakan yang dilakukan sangat cepat karena hanya membutuhkan waktu 15 menit. “Sekarang dengan teknologi canggih tidak perlu dijahit, tidak perlu bius total, penyembuhannya sangat cepat 3-7 hari, dan tidak ada efek samping,” paparnya. (cr1/c)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep