25 radar bogor

Tangis Haru Warnai Kepulangan Pasukan Garuda Yonif 315 dari Papua

Pasukan Garuda
Kepulangan Pasukan Garuda anggota satgas Yonif 315 Bogor dari tugas di Papua Rabu (29/6/2022) malam diwarnai tangis haru. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Tangis haru mewarnai kepulangan Pasukan Garuda anggota satgas Yonif 315 Bogor dari tugas di Papua Rabu (29/6/2022) malam.

Baca Juga : Ada Pengalihan Arus di Jalan Gunung Batu Sore Nanti, Ini Penyebabnya  

Rombongan 400 prajurit Pasukan Garuda Yonif 315 disambut meriah pawai marching band, serta tepukan dan lambaian tangan warga yang sudah menunggu kepulangan mereka sejak siang hari.

Pasukan Garuda kemudian melakukan sujud syukur sebagai bukti rasa syukurnya dapat kembali ke Kota Bogor dengan selamat dan tetap dengan jumlah yang lengkap.

Para anggota keluarga kemudian menyerbu prajurit dengan pelukan hangat dan tangis keharuan. Berbagai bingkisan serta rangkaian bunga turut menjadi pemanis pertemuan mereka.

Danyonif 315/Garuda, Letkol Inf Suryanto mengatakan pasukannya telah melaksanakan tugas dengan sukses selama di Papua.

“Target pertama kami adalah dapat pergi dan pulang dengan selamat dengan jumlah lengkap. Target kedua yaitu dapat merangkul masyarakat yang tentunya dengan upaya semaksimal mungkin melalui pendekatan-pendekatan teritorial,” ucapnya.

Dirinya menyebut selama di Papua, Pasukan Garuda selalu memegang slogan “Baktiku Untuk Papua, Berani Untuk Mencintai Melindungi dan Menjunjung Tinggi Harkat Martabat Orang Papua”.

“Itu yang menjadi pedoman kami. Karena jangan sekali-kali anggota Satgas 315 menyakiti hati orang Papua,” tegasnya.

Ia menyebut, prestasi tertinggi yang dapat diraih pasukannya yakni dapat meninggalkan daerah penugasan dengan banyak kenangan sehingga masyarakat merasa berat untuk melepas mereka saat pulang.

Dirinya mengungkap selama menjalankan tugas Pasukan Garuda tidak pernah kontak senjata. “Kalau patroli sering, kondisi di wilayah masing-masing pos bisa kita upayakan jaga semaksimal mungkin,” terangnya.

Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim yang turut hadir pada upacara penyambutan mengucapkan selamat atas kembalinya para prajurit ke Kota Bogor.

“Selamat datang kembali di Kota Bogor Satgas Yonif 315 Garuda, yang telah lebih dari satu tahun bertugas di Papua,” ujarnya.

Baca Juga : Bantuan Perbaikan Rumah Warga di Kebon Pedes Bakal Disalurkan Lagi

Dirinya mengucapkan rasa terima kasih atas segala pengorbanan, jerih payah yang diberikan dalam rangka membangun dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pasukan Garuda Satgas Yonif 315 terdiri dari 19 pos yang masing-masing berisi 20-30 anggota. Sebanyak 13 pos bertugas di Kabupaten Mimika, dan sebanyak 6 pos bertugas di Kabupaten Merauke, Mappi, serta Asmat. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep