25 radar bogor

Mau Daftar Kuliah Jalur Mandiri di Unesa? Catat Ini!

Mau Daftar Kuliah Jalur Mandiri di Unesa? Catat Ini!
Mau Daftar Kuliah Jalur Mandiri di Unesa? Catat Ini!

RADAR BOGORPendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri resmi dibuka oleh Universitas Negeri Surabaya. Beberapa jalur ditawarkan untuk menarik lebih banyak calon mahasiswa baru.

”Selain jalur umum lewat nilai UTBK (ujian tulis berbasis komputer, Red) dan tes masuk berbasis komputer milik kami, ada jalur prestasi dan disabilitas,’’ ucap Ketua Admisi Unesa Sukarmin.

Baca juga: Kemenag Sarankan Tokoh Pendidikan Perlu Divaksin Antiradikalisme

Pendaftaran via jalur nilai UTBK ditutup pada hari ini (30/6). Peserta hanya perlu memasukkan nomor identifikasi ujian secara daring. Sementara itu, jalur prestasi, disabilitas, dan jalur dengan tes masuk bakal dibuka hingga pertengahan Juli. ’’Khusus untuk jalur prestasi sampai 5 Juli, yang lain pendaftarannya dibuka hingga 13 Juli,’’ jelasnya.

Sukarmin mengakui masih banyak calon mahasiswa dan orang tua yang bingung. Mereka biasanya bertanya lewat media sosial, call center, atau datang langsung ke kampus.

Baca juga: SMPN 16 Bogor Dimaling, Tiga Pegawai Sekolah Disekap hingga Gasak Laptop Milik Sekolah

’’Untuk informasi, sebenarnya lewat web dan media sosial sudah kita buka sejelas-jelasnya. Sejak jalur UTBK SBMPTN hingga sekarang jalur mandiri,’’ paparnya. Namun, tak bisa dimungkiri, masih banyak calon mahasiswa yang butuh bantuan informasi.

Jalur prestasi yang dibuka memang menaungi cukup banyak bidang. Di antaranya, mencakup prestasi keagamaan, kesenian, keorganisasian, dan olahraga. Prestasi keagamaan menaungi semua agama. Misalnya, pada agama Islam ada prestasi tahfiz Alquran.

Baca juga: Desa dan Kelurahan Se-Kabupaten Bogor Deklarasikan Bersih Narkoba

”Jalur prestasi ini memang melanjutkan seleksi dari tahun sebelumnya, sama dengan jalur disabilitas,’’ imbuh Sukarmin.

Untuk jalur disabilitas, tes yang dilakukan adalah tes materi pelajaran dan wawancara dengan psikolog. Mereka bebas memilih jurusan apa pun yang diimpikan.

Baca juga: PPDB Jalur Zonasi Ditutup, SMAN 1 Citeureup Kantongi 415 Pendaftar

’’Tidak ada kuota khusus dari tiap jurusan. Jadi, peserta bebas memilih semua prodi apa pun. Hanya, harus lolos tes akademik dan wawancara di prodi pilihan,’’ jelasnya.

Sukarmin mengatakan, Unesa juga melakukan kerja sama dengan beberapa pihak untuk memperluas akses penerimaan mahasiswa baru lewat jalur-jalur tersebut.

”Ada jalur kerja sama dengan Pemprov Kaltim, khusus untuk prodi PLB (pendidikan luar biasa, Red) khusus untuk putra daerah,’’ sambungnya. (*)

Editor: Rany