25 radar bogor

Desa dan Kelurahan Se-Kabupaten Bogor Deklarasikan Bersih Narkoba

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan didampingi Kepala SMAN 2 Cibinong, Elis Nurhayati dalam kegiatan Forkopimda Goes To School. Nelvi/Radar Bogor
Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan didampingi Kepala SMAN 2 Cibinong, Elis Nurhayati dalam kegiatan Forkopimda Goes To School. Nelvi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Demi mewujudkan Kabupaten Bogor Bersinar (Bersih dari Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba), Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan Deklarasi Kelurahan dan Desa Bersih Narkoba.

Berkolaborasi dengan BNN Kabupaten Bogor, deklarasi berlangsung di Auditorium Setda, Cibinong pada Kamis (30/6/22).

Dalam kegiatan tersebut, Pemkab Bogor juga memberikan penghargaan kepada 30 desa dan kelurahan yang telah lebih dulu menyelenggarakan Desa/Kelurahan Bersinar di tahun 2021 dan 2022.

Baca juga: PPDB Jalur Zonasi Ditutup, SMAN 1 Citeureup Kantongi 415 Pendaftar

“Dengan deklarasi hari ini, adalah bukti keseriusan dan komitmen dari seluruh stakeholder khususnya pada Kades, Lurah bahwa kita siap untuk menyukseskan Kabupaten Bogor Bersih dari Narkoba,” ucap Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan dalam acara tersebut.

Iwan meminta kepada seluruh kades dan lurah untuk bersih dari narkoba, sebelum menjadi duta anti narkoba dan siap menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

“Kita harus bersih dari narkoba, luruskan hati, pikiran dan kelakuan, jangan sampai merusak nama lembaga desa, kecamatan, ASN, kepala daerah dan lainnya, kita harus siap bersih, Insyaallah masyarakat akan mengikuti karena pekerjaan memberantas dan bersih Narkoba ini adalah pekerjaan yang mulia,” tegasnya.

Baca juga: Pelaku Kekerasan di Sempur Tak Ditahan, Ini Tanggapan KPAID Kota Bogor

Selain mendukung dari sisi kebijakan, Pemkab Bogor juga berkomitmen mencegah peredaran dan penyalahgunaan Narkoba sejak dini.

Melalui kegiatan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Goes to School yang telah dilakukan sejak 2020 lalu, salah satu materi atau sosialiasi yang disampaikan yaitu mengenai bahaya dan pencegahan peredaran Narkoba.

“Kita roadshow melalui kegiatan Forkopimda Goes to School, salah satu agendanya adalah sosialisasi tentang bahaya Narkoba. Untuk itu kami juga minta agar Bakesbangpol bisa kolaborasi menyosialisasikan bahaya Narkoba ini agar lebih masif sehingga masyarakat teredukasi dengan baik,” jelas Plt. Bupati Bogor.

Baca juga: Segera Dapatkan Insentif, 110 Anggota Linmas Dilatih 

Di tempat yang sama, Deputi Bidang Pencegahan BNN Pusat, Irjen Pol Supyan Syarif mengungkapkan, salah satu bagian dari program Bersih Narkoba ini telah diluncurkan sejak tahun 2021 lalu dan telah dilaksanakan di 1.500 desa di Indonesia.

Di 2022, program Bersih Narkoba menjadi program yang paling banyak diimplementasikan di Jawa Barat salah satunya di Kabupaten Bogor.

Baca juga: HIPMI Ajak Pengusaha Muda Terus Produktif

“Bogor sudah bagus, sudah jalan regulasinya, kami berharap aksinya bisa dilakukan dengan maksimal dan terukur. Terima kasih kepada Plt. Bupati Bogor, Dandim, Kapolres, Babinsa yang sudah bersinergi membangun Desa dan Kelurahan Bersinar. Secara keseluruhan sinerginya sangat bagus Kabupaten Bogor ini, karena bisa menyembuhkan dan menolong masa depan generasi muda, ini adalah tugas yang sangat mulia,” ucap Irjen Pol. Supyan.(cok)

Editor: Rany