25 radar bogor

Piala Asia 2023, PSSI Resmi Ajukan Proposal Jadi Tuan Rumah

Piala AFF 2022
Timnas Indonesia siap berlaga di Piala AFF 2022.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Indonesia resmi mengajukan proposal menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Pengajuan itu dilakukan PSSI setelah mendapat restu dari pemerintah.

Baca Juga : Daftar 24 Tim Lolos Piala Asia 2023, Indonesia Berkesempatan Jadi Tuan Rumah

“Setelah berkoordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI resmi mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Rabu (29/6/2022).

“PSSI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Menpora Zainudin Amali yang telah memberikan dukungan,” sambungnya.

Iriawan mengaku, PSSI telah mengirim semua persyaratan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait pengajuan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Indonesia merupakan negara kelima yang resmi menyatakan keinginan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah Korea Selatan, Jepang, Australia, dan Qatar.

Piala Asia 2023 akan berlangsung pada 16 Juni hingga 16 Juli atau hanya terpaut lima hari dari Piala Dunia U-20 yang akan dimulai pada 20 Mei hingga 11 Juni.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebut Ipemerintah sudah menyetujui permohonan PSSI menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.  “Presiden Joko Widodo sudah mengetahui rencana menjadi tuan rumah tersebut,” imbuhnya.

Sebelumnya, gelaran Piala Asia 2023 direncanakan berlangsung di China.  Namun China mengundurkan diri lantaran masih fokus pada penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga : Jamin Timnas Indonesia Lebih Kuat dan Tangguh di Piala Asia 2023

AFC lalu menawarkan kesempatan pada 24 negara yang telah lolos ke Piala AFC untuk mengajukan diri jadi tuan rumah.

Batas pengajuan proposal tuan rumah Piala Asia adalah pada 15 Juli mendatang. Indonesia sendiri pernah menjadi tuan rumah Piala Asia pada 15 tahun silam.

Ketika itu ada empat negara yang menjadi tuan rumah Piala Asia 2007 yakni Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. (net/dis)

Editor : Yosep