25 radar bogor

Hansip-Linmas Kabupaten Bogor Dibekali Ilmu Damkar

Hansip-Linmas Kabupaten Bogor Dibekali Ilmu Damkar
Hansip-Linmas Kabupaten Bogor Dibekali Ilmu Damkar

KEMANG-RADAR BOGOR, Satpol PP Kabupaten Bogor mengadakan pelatihan dan pembinaan kelinmasan tingkat Kabupaten Bogor. Kegiatan yang berlangsung di Pendopo 45 Desa Pondok Udik Kecamatan Kemang ini bertujuan agar para peserta faham tentang tugas pokok Linmas baik dalam penanggulangan bencana alam maupun bantuan perkuatan dalam melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat.

“Kami memberikan pembekalan pada anggota Linmas agar lebih siap dan punya wawasan dalam melaksanakan tugas,” kata Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Bogor, Teguh Sugiarto.

Baca juga: Jangan Ketinggalan Jaman! Berikut Ini 6 Aplikasi Absensi Karyawan Berbasis Web dan Mobile yang Wajib Perusahaan Ketahui!

Menurut dia, Satlinmas atau yang lebih kita kenal dengan nama Linmas/Hansip merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana. Misalnya saat terjadi kebakaran, pada pelatihan ini juga ada materi penganggulangan kebakaran dan cara menyelamatkan satwa liar yang menganggu manusia.

Lebih jauh Teguh menjelaskan kegiatan pelatihan ini yang keempat di Kecamatan Kemang. Sebelumnya sudah melaksanakan enam kegiatan serupa di Kecamatan Jonggol, Leuwisadeng, Babakan Madang, Kemang.

Baca juga: Bayar Angkot Bisa Pakai QRIS

Sedangkan jumlah peserta dalam setiap kegiatan sebanyak 100 orang. Sedangkan pemateri dari Binmas Polres Bogor, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan bidang Linmas Satpol PP Kabupaten Bogor.

Para peserta juga mendapat materi tentang tugas pokok dan fungsi Linmas saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Sehingga satuan Linmas mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat untuk menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.(unt)

Editor: Rany