25 radar bogor

Pembangunan Istana Negara di Lokasi IKN Nusantara Mulai Berproses

Kantor Otoritas IKN akan dibangun dengan nilai kontruksi Rp 509 Miliar.

RADAR BOGORPembangunan istana negara di lokasi Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai berproses.

”Desain istana negara sudah selesai dan dilanjutkan lelang untuk pembangunan fisik mulai diproses,” ujar Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten PPU Nicko Herlambang, di Penajam, Selasa (28/6).

Baca juga: Pemdes Cikuda Bersama Warga Perbaiki Jalan Rusak Dengan Swadaya

Pembangunan istana negara telah masuk dalam proyek yang bakal dilelang di LPSE (layanan pengadaan secara elektronik) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Proyek pembangunan istana negara yang akan dilelang, menurut dia, yakni pembangunan gedung kantor presiden di kawasan istana negara di IKN Nusantara lebih kurang Rp 1,6 triliun. Kemudian pembangunan gedung istana negara dan lapangan upacara sekitar Rp 1,4 triliun dan untuk manajemen konstruksi pembangunan (proses mengatur atau mengelola pekerjaan pembangunan) sekitar Rp 27,8 miliar.

Baca juga: Petani Ngadu Ke DPRD, Setifikat Tanah Dijual Mafia Tanah

Dengan bakal dilelang proyek pembangunan istana negara tersebut merupakan langkah awal dan optimisme pembangunan dapat rampung pada 2024. ”Pembangunan istana negara secara keseluruhan ditargetkan selesai pada 2024, saat ini pembangunan jalan pendukung sedang dilakukan,” ucap Nicko Herlambang.

Pembangunan jalan tol di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai akses menuju IKN Nusantara lanjut dia, dikerjakan beriringan dengan pengerjaan istana negara. Jalan tol yang akan dibangun di daerah berjuluk Benuo Taka itu yakni, jalan tol penghubung dari Jembatan Pulau Balang menuju Kawasan Industri Kariangau.

Baca juga: Rampung Bulan Depan, Ini Kendala Pembangunan Hotel Sayaga

Selain itu, jalan tol menuju istana negara dari bandar udara VVIP di Kelurahan Gersik, serta jalan tol penghubung antara bandara udara VVIP dan Jembatan Pulau Balang.

”Ditargetkan jalan tol bisa difungsikan pada 2024 bersamaan dengan digunakannya istana negara,” jelas Nicko Herlambang. (*)

Editor: Rany