25 radar bogor

Bima Arya dan Yane Ardian Beri Motivasi Peserta Jambore Genre 2022

Bima Arya dan Yane Ardian Beri Motivasi Peserta Jambore Genre 2022
Bima Arya dan Yane Ardian Beri Motivasi Peserta Jambore Genre 2022

BOGOR-RADAR BOGORWali Kota Bogor, Bima Arya bersama Bunda Genre Kota Bogor, Yane Ardian memberikan motivasi kepada para peserta Jambore Ajang Kreativitas Remaja dan Grand Final Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Bogor 2022 di Balai Besar Biogen Kota Bogor, Sabtu (25/6/2022).

Kepada para peserta Bima Arya menyampaikan bahwa hidup didunia ini sejatinya adalah untuk menjawab satu pertanyaan, yaitu apa yang diinginkan setiap orang.

Manusia yang beruntung adalah manusia yang yakin dan bisa menjawab apa yang dicari dan diinginkan di dunia, karena setiap detik dalam hidupnya diikhtiarkan untuk mencapainya.

Baca juga: HUT Ke-76, BNI Gelar Akad 5.476 Debitur FLPP

Bima Arya mengkategorikan anak muda dalam tiga kategori, yaitu yang asyik dengan dirinya, yang galau dengan dirinya dan yang paling top adalah yang sudah selesai dengan dirinya. Tahu mau apa, tahu tujuan hidupnya apa dan berikhtiar untuk mengejarnya.

“Jangan salah, jangan telat dan jangan galau untuk menetapkan tujuan hidup dan apa yang dicari. Kalian harus terus berpikir dan terus belajar, seiring berjalannya waktu kalian akan sampai pada kesimpulan ketika banyak memberi, maka Anda bahagia. Dengan memberi kita akan mendapatkan satu energi positif yang kita sebar. Sesuatu yang berarti itu akan abadi,” katanya.

Dengan memberi dan berbagi akan menjadikan seseorang lebih berarti dimata orang lain yang nilainya lebih dari sekedar materi atau posisi, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain dan mendapatkan ganjaran duniawi dan ukhrawi.

Baca juga: Pelepasan Lampion, Soft Launching Mulyaharja Fest 2022

“Contoh yang paling nyata adalah apa yang dilakukan Rasulullah SAW,” ujarnya.

Bunda Genre Kota Bogor, Yane Ardian mengatakan, remaja yang diberi kesempatan mengikuti Jambore Genre Kota Bogor adalah remaja yang beruntung dan luar biasa dibandingkan remaja lain.

Dirinya juga menyebutkan, masa remaja adalah masa yang paling sulit karena mengalami perubahan fisik perilaku dan sikap yang berlangsung cepat.

Baca juga: Perdana, Sapi di Kota Bogor Mulai Disuntik Vaksin

Pada kesempatan itu, Yane menyampaikan materi yang mengajak para peserta untuk memahami diri pribadi selagi remaja.

“Masa remaja diawali masa pra remaja, sekitar usia 12 hingga 14 tahun atau usia SMP. Dimana pada fase ini, komunikasi yang paling susah antara anak dan orang tua. Di usia ini ego yang dimiliki sangat kuat. Selanjutnya remaja awal, antara usia 14 sampai 17 tahun, masa dimana sering bertengkar antara anak dengan orang tua. Dan fase remaja akhir rentang 17 sampai 21 tahun, yang cenderung idealis, memiliki cita-cita dan mencoba menunjukkan kepada orang lain sebagai sosok yang berguna,” sebut Yane.

Saat remaja bagian otak yang berfungsi dalam pengambilan keputusan berkembang sangat sempurna atau disebut Lobus Frontal (otak bagian depan) dan mencapai kematangan di usia 25 tahun.

Baca juga: Catat! Mulai 1 Juli Besok, Beli Pertalite Harus Daftar, Gini Caranya

Ketika menginjak usia 20 atau 21 tahun, remaja banyak yang merasa sudah besar, dewasa, sudah bisa mengambil keputusan atau menentukan pilihan sendiri. Padahal bisa jadi ketika keputusan itu diambil, masih salah karena Lobus Frontalnya belum matang.

“Untuk itu anak remaja harus sering buat kegiatan-kegiatan positif, berkumpul atau berdiskusi, saling tukar pikiran atau ide, mendapatkan motivasi agar sistem limbik dalam otak memiliki emosi positif bukan hal-hal yang negatif. Sistem limbik adalah bagian otak yang mengatur emosi seseorang atau remaja,” katanya.

Baca juga: Kasus Pengeroyokan Remaja Putri di Sempur, Polisi Lakukan Penyelidikan 

Kenakalan remaja yang terjadi seperti terlibat tawuran, penyalahgunaan narkoba hingga terjerat pornografi serta lainnya dikarenakan belum sempurnanya perkembangan otak sehingga kurang matang pemikirannya. Apa yang ditawari acapkali langsung diterima atau diambil tanpa dipertimbangkan sebab akibatnya.

“Otak adalah bagian vital dari setiap manusia. Saat remaja jika otaknya sudah rusak, maka masa depan tidak bisa dipertanggungjawabkan lagi. Bicara cita-cita, bicara nasib kita. Nasib dipengaruhi pikiran dan perasan, sukses bukan karena cerdas tapi seringkali karena nasibnya baik. Pola pikir yang baik bisa membuat seseorang menyikapi sesuatu dengan baik,” kata Yane. (*)

Editor: Rany