25 radar bogor

Ancaman Gempa Sesar Baribis, BMKG Minta Warga Jabodetabek Bersiap

Ilustrasi gempa Bogor
Ilustrasi gempa Sumedang

JAKARTA-RADAR BOGOR, Warga Jabodetabek diminta waspada terhadap ancaman Gempa Sesar Baribis. Sesar Baribis merupakan sesar aktif yang bisa memicu terjadinya aktivitas gempa di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga : Gempa di Afghanistan, 255 Orang Tewas

“Struktur Sesar Baribis segmen di selatan Jakarta terbukti aktif dengan estimasi laju geser mencapai sekitar 5 milimeter per tahun,” kata, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, Senin (27/6/2022).

Menurut Daryono, Jabodetabek harus bersiap hadapi ancaman Gempa Sesar Baribis. Hal itu juga didasari data-data sejarah dan kajian geofisika terbaru.

Mengingat, wilayah megapolitan Jabodetabek yang dihuni 29.116.662 jiwa atau sekitar 11 persen dari penduduk Indonesia ini memiliki kerentanan gempa bumi.

Secara penjelasan, sesar adalah patahan atau bidang rekahan yang disertai pergeseran relatif terhadap blok batuan lainnya. Bisa dikatakan, sesar ini merupakan tempat terjadinya gempa bumi.

Sementara itu, Sesar Baribis merupakan sesar aktif yang membentang dari timur hingga barat Pulau Jawa dan disebut-sebut sebagai sesar aktif terpanjang di Pulau Jawa.

“Keaktifan ini didukung hasil monitoring peralatan sensor seismograf BMKG di mana terdapat aktivitas gempa yang terpantau di jalur sesar, meskipun dalam magnitudo kecil 2,3-3,1,” terangnya.

Baca Juga : Gempa Bumi 5,8 Magnitudo Guncang Mamuju, Kantor Gubernur Rusak

Adapun jalur Sesar Baribis diperkirakan memiliki panjang sekitar 100 kilometer yang terbagi ke dalam beberapa segmen dengan panjang bervariasi. “Jalur sesar yang melintas di selatan Jakarta ini disebut sebagai segmen Jakarta,” ujarnya.

Daryono juga mengingatkan, jika jalur Sesar Baribis memiliki potensi gempa yang cukup signifikan.

“Ancaman Gempa Sesar Baribis ini disebut-sebut bisa menimbulkan guncangan hebat, seperti gempa pada 1780 dan 1834 di Jakarta dan sekitarnya,” pungkasnya. (net)

Editor : Yosep