25 radar bogor

Tinjau Lokasi Bencana Leuwiliang, Ridwan Kamil Distribusikan Bantuan

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Minggu (26/6/2022).

LEUWILIANG – RADAR BOGOR, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Minggu (26/6/2022).

Baca Juga : Warga di Leuwiliang Ini Terisolir, KTJ Bersama Bobats dan Radar Bogor Salurkan Bantuan  

Dalam kunjungannya, Ridwan Kamil melalui Pemprov Jawa Barat memberikan bantuan sebesar Rp 500 juta untuk korban bencana. Tak hanya itu, disalurkan juga bantuan lain untuk kebutuhan sehari-hari warga terdampak bencana.

Seperti 250 buah sarung, 200 stel pakaian dalam wanita, 200 stel pakaian dalam pria, 200 stel pakaian harian pria, 200 stel pakaian harian wanita, 100 buah kanebo, 100 buah ember, 100 buah lap pel bergagang, 100 set sapu dan pengki, 100 buah wiper lantai serta 40 lembar terpal dengan nominal anggaran sebesar Rp 188. 393. 920, juta untuk masyarakat di Kecamatan Leuwiliang dan Pamijahan.

“Pemprov Jawa Barat memberikan bantuan yang berasal dari pos anggaran bantuan tidak terduga (BTT) sebesar Rp500 juta untuk Kecamatan Leuwiliang dan Pamijahan,” ungkap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai meninjau lokasi bencana di wilayah Leuwiliang.

Ridwan Kamil mengatakan, bantuan bisa bertambah karena penanganan bencana ini ditanggung bersama Pemkab Bogor dan Pemprov Jawa Barat. “Yang pertama kami ingin memastikan tempat mengungsi warga yang terdampak bisa termonitor dengan baik,” katanya.

Baca Juga : Jembatan Putus, Warga Leuwiliang Ini Panggul Gerobak Melintasi Sungai

Ridwan Kamil juga meminta pihak terkait secepatnya dilakukan inventarisir kerugian akibat bencana untuk proses rekontruksi (insfrastruktur yang rusak).

Ia berharap relokasi korban bencana secepatnya bisa dilakukan, tapi perlu kajian dulu. “Yang jelas kami akan usulkan relokasi pengungsi, dan tetap perjuangkan bagi mereka yang terdampak bencana,” cetusnya. (abi)

Reporter : Jaenal
Editor : Yosep