Rumput KRB Diduga Rusak Usai Konser Musik, Netizen Curhat ke Jokowi

Rumput KRB Rusak
Suasana penonton konser musik di KRB selama tiga hari Jumat (24/6/2022) sampai Minggu (26/6/2022). Konser tersebut diduga membuat rumpur KRB rusak.

BOGOR-RADAR BOGOR, Konser musik yang dihelat selama 3 hari, sejak Jumat (24/6/2022) hingga Minggu (26/6/2022) diduga menyebabkan rumput KRB (Kebun Raya Bogor) rusak.

Baca Juga : Dua Hari, Jumlah Kunjungan KRB Tembus 10 Ribu Orang

Kondisi itu mengundang keprihatinan sejumlah pihak. Seperti yang diungkapkan salah satu pemilik akun Facebook MangAsepKabayan.

Dalam akunnya tersebut, ia mengutarakan kegundahanya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan konser musik yang dilakukan di kawasan KRB selama tiga hari itu.

Apalagi, area yang digunakan untuk konser tersebut terlihat rusak karena rumput yang terinjak usai digunakan untuk area menonton konser.

“Yth Pak Presiden Joko Widodo sebagai pendukung setia Bapak, dimana Bapak pun tinggal tidak jauh dari Kebun Raya Bogor, yang mana secara sejarah merupakan tempat dahulunya sangat disakralkan sebagai Hutan Samida, Taman dan Kebunnya Para Raja, yang mana spirit mereka pun masih tetap hadir di sana,” tulis akun MangAsepKabayan.

Ia juga memohon kepada Jokowi agar menghentikan kegiatan yang dinilai merusak KRB, karena sangat tidak sesuai dengan spirit dan nilai-nilai sejarah, budaya, dan kearifan leluhur yang ada di sana.

“Punten Pak, segera ditegur keras ini pengelola yang sangat tidak memahami fungsi dan kearifan Kebun Raya Bogor,” tegasnya.

Dirinya berharap sebagai pencinta KRB dikembalikan pada fungsi dan kearifannya agar spiritnya dapat kembali berkobar menuju Indonesia Emas tahun 2045.

Menurutnya, konser-konser massive dapat dicarikan di tempat lain yang lebih cocok, dan tidak mengganggu kearifan lokal yang ada disekitarnya.

“Sedih hati kami pak, melihat Kebun Raya Bogor yang kami cintai dinodai seperti ini,” imbuhnya. “Semoga Bapak sekeluarga selalu ada dalam kesehatan dan keberkahan,” sambungnya.

Postingan MangAsepKabayan juga mengunggah sejumlah foto dan video dalam kondisi penuh lumpur itu.

Hingga kini, unggahan tersebut langsung mendapatkan puluhan komentar dari warganet. Unggahan MangAsepKabayan juga langsung direspon akun resmi www.kebunraya.id.

Dalam akun resmi milik KRB itu, pengelola tampak meminta agar unggahan MangAsepKabayan diklarifikasi.

“Selamat pagi Mang Kabayan, menanggapi postingan Mang Kabayan dan foto-foto yang di posting di sini, dapat kami sampaikan bahwa foto lapangan pada postingan disini adalah 2 kegiatan acara yang berbeda,” tulis www.kebunraya id.

“Untuk itu Kami minta mang kabayan untuk mengklarifikasi postingan ini,” tulisnya lagi.

General Manager Corporate Communication and Security PT MNR, Zaenal Arifin mengklaim foto kondisi rumput KRB yang diposting akun facebook MangAsepKabayan merupakan foto peristiwa lama yang dikaitkan dengan kegiatan konser yang dilakukan sejak Jumat (24/6/2022).

Zaenal mengaku jika kondisi area tanah lapang yang digunakan untuk area konser tidak seperti itu. Bahkan, saat ini sudah mendapatkan penanganan. “Sedang dalam proses perbaikan. Ini kegiatan prefentif pemeliharaan, dan perawatan setelah acara,” ucapnya.

Baca Juga : Deklarasi BnR Foundation, Cak Imin Kepung KRB Bareng Komunitas Vespa

Menurutnya, petugas langsung sigap membersihkan area sekitar dengan melakukan penyemprotan lumpur dan sampah.

“Kalau rumput kan (perawatan) perlu waktu. Memang hujan tadi malam. Makanya penonton duduk agar tidak rusak rumputnya,” imbuh pria yang kerap disapa Zae itu.

Zae menyebut, kondisi hujan merupakan bagian yang tak dapat dihindari mengingat hal tersebut merupakan faktor alam dan cuaca. “Kita akan lakukan pemeliharaan dan perawatan serta perbaikan apapun,” tukasnya. (ded)

Reporter : Dede
Editor : Yosep

Berita Lainnya