25 radar bogor

Kuota Skuad Tiap Kontestan Piala Dunia 2022 Ditambah Jadi 26 Pemain

Piala Dunia 2022
Argentina sukses mengalahkan Kolombia di matchday ke-16 babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona CONMEBOL.

EROPA-RADAR BOGOR,  Total skuad setiap kontestan Piala Dunia 2022, dari 23 ditambah jadi 26 pemain. Keputasan itu menjadi kabar gembira bagi mereka yang non langganan reguler timnas. Terlepas mendapatkan kesempatan bermain atau tidak di Qatar nanti.

Baca Juga : FIFA Gunakan Wasit Perempuan di Piala Dunia 2022, Dituding Kelinci Percobaan

Seperti yang dialami William Saliba. Ia belum sekali pun memperkuat Arsenal sejak bergabung tiga musim lalu atau pada musim 2019–2020.

Bek yang kala itu masih berusia 18 tahun tersebut langsung dipinjamkan ke klub asalnya, AS Saint-Etienne, setelah direkrut.

Pada musim berikutnya, Saliba kembali dipinjamkan ke klub Ligue 1 lainnya, OGC Nice. Situasi yang berlanjut musim lalu dengan Saliba membela klub raksasa Ligue 1 Olympique Marseille.

Meski kariernya di klub terkesan disia-siakan, Saliba sukses menarik perhatian entraineur Prancis Didier Deschamps.

Bek yang pada usia 6 tahun dilatih ayah Kylian Mbappe di AS Bondy itu, dipanggil Deschamps dalam FIFA Matchday pada Maret lalu. Kini, Saliba sudah memiliki 5 caps dan berpeluang masuk skuad Les Bleus untuk Piala Dunia 2022.

Apalagi, FIFA telah mengesahkan jumlah skuad setiap kontestan Piala Dunia 2022 bertambah jadi 26 pemain.

Pertimbangan FIFA, selain jadwal Piala Dunia yang bergeser pada periode ketika kompetisi reguler masih berjalan pada November–Desember, juga mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Alasan Didi –sapaan akrab Didier Deschamps– memilih Saliba adalah kemampuannya untuk bermain sama bagusnya dengan skema tiga bek maupun empat bek. ”Kami membutuhkan pemain yang kompetitif dan menunjang taktik,” ucap Deschamps kepada Canal+.

Faktor itulah yang ditengarai bisa membuat bek senior seperti Clement Lenglet (FC Barcelona/15 caps) maupun rising star Dayot Upamecano (Bayern Munchen/6 caps) bisa tersisih oleh Saliba.

Sejauh ini, nama-nama yang hampir pasti aman di lini belakang Les Bleus adalah Lucas Hernandez, Benjamin Pavard, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, Theo Hernandez, Jules Koundes, dan Lucas Digne.

Saliba bisa bersaing dengan Lenglet, Upamecano, Ibrahima Konate, Leo Dubois, dan Jonathan Clauss untuk 2-3 posisi tersisa.

Penambahan jumlah skuad di kontestan Piala Dunia 2022 juga menguntungkan timnas dengan persaingan lini superkompetitif. Brasil, misalnya. Selecao yang dihuni banyak pemain berkualitas selalu menghadirkan banyak opsi.

Contohnya, di lini serang. Striker Liverpool FC Roberto Firmino yang tidak lagi membela Selecao sejak 12 November 2021 punya kesempatan tampil di Piala Dunia 2022.

Seiring tergeser ke bangku cadangan di LFC, Firmino memang tidak lagi dilirik treinador Brasil Tite.

Di lini depan, Tite sudah punya Neymar Jr, Vinicius Junior, Richarlison, Gabriel Jesus, Raphinha, Matheus Cunha, Rodrygo Goes, Gabriel Martinelli, hingga Gabriel Barbosa dan Antony.

Artinya, kalaupun masuk, Bobby –sapaan akrab Roberto Firmino– adalah opsi kesebelas di lini serang Selecao.

”Kami masih punya lima bulan (sebelum Piala Dunia 2022, red). Masih ada waktu baginya (Firmino, Red) bisa kembali (ke timnas Brasil, Red),’’ sebut Tite kepada Globo Esporte.

Baca Juga : Piala Dunia 2022 Qatar Siap Digelar, Catat Nih Jadwalnya

Dilema tactician Inggris Gareth Southgate untuk membawa pemain langganan timnas tapi sedang turun performanya ke Piala Dunia 2022, tampaknya, terjawab dengan skuad 26 pemain.

Trio Manchester United, misalnya. Jadon Sancho, Marcus Rashford, dan Mason Greenwood yang belakangan diabaikan Southgate punya kans untuk kembali membela The Three Lions. (jpg)

Editor : Yosep